Advertisement

PSI Resmi Berikan Rekomendasi Mangkunegara X Maju Cawalkot Solo, Ini Profilnya

Oktaviano DB Hana
Senin, 22 Juli 2024 - 11:27 WIB
Ujang Hasanudin
PSI Resmi Berikan Rekomendasi Mangkunegara X Maju Cawalkot Solo, Ini Profilnya KGPAA Mangkunagoro X. - solopos

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi merekomendasikan Mangkunegara X (MN X), yang akrab disapa Gusti Bhre, untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surakarta 2024.

Rekomendasi untuk maju sebagai calon wali kota di Pilwalkot Solo itu langsung diberikan oleh Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep kepada Gusti Bhre di di Solo, Jawa Tengah, Minggu (21/7/2024).

Advertisement

"Hari ini, sesuai dengan permintaan dan keputusan teman-teman DPD PSI Solo, saya selaku ketua umum memberikan rekomendasi pada Kanjeng Gusti Bhre sebagai bakal calon Wali Kota Surakarta periode 2024–2029," kata Kaesang.

Kaesang mengatakan rekomendasi tersebut diberikan atas dasar masukan dari para anggota PSI dan konstituen PSI di Kota Solo.

Menurut Kaesang, Gusti Bhre merupakan sosok muda yang cukup bersinar di Kota Solo. Oleh karena itu, dukungan layak diberikan kepada Adipati Mangkunegaran tersebut.

"Saya rasa Gusti Bhre ini kan salah satu anak muda yang cukup bersinar di Kota Solo dan mampu memimpin Mangkunegaran. Beliau juga salah satu komisaris di KAI, teman-teman bisa tahu kiprah kerja beliau ke depannya," tuturnya.

BACA JUGA: Sah! Kaesang Beri Rekomendasi Gusti Bhre Maju sebagai Bakal Cawali Solo

Pada kesempatan yang sama, Gusti Bhre mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh PSI kepadanya. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan dukungan kepadanya.

Meski demikian, terkait dengan maju atau tidaknya, dia masih akan melihat dinamika ke depan.

"Akan maju atau tidaknya, izin melihat dulu ke depannya seperti apa, respon masyarakat ke depannya seperti apa. Dari saya pokoknya yang terbaik, sesuai yang dikehendaki masyarakat Kota Solo," tuturnya.

PROFIL MANGKUNEGARA X

Berdasarkan catatan Bisnis, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo lahir pada 29 Maret 1997. Bre ditunjuk sebagai Mangkunegara X atau pemimpin Pura Mangkunegaran menggantikan ayahnya yang meninggal pada 13 Agustus 2021 lalu.

Dia dikukuhkan menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X pada 12 Maret 2022. Bhre dinobatkan menjadi penerus Raja Mangkunegara pada usia 24 tahun.

Bhre merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Di bidang akademis, Bhre sempat menorehkan prestasi pada tingkat internasional saat bergabung dengan Tim Mooting Vis Fakultas Hukum UI dalam ajang Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot (Vis Moot).

Ajang tersebut merupakan pertandingan pengadilan semu yang diadakan oleh Pace Law School, Vis Moot Foundation dan United Nations Commission on International Trade Law. Adapun Pre-moot adalah ajang pemanasan dan latihan bagi para peserta sebelum akhirnya masuk ke dalam ajang Vis Moot.

Bhre berhasil mendapat gelar champion pada sesi final Pre-Moot Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot yang ke-10 di Praha, Republik Ceko pada 11 Maret 2018 lalu.

Bhre juga berteman akrab dengan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep. Raja muda ini juga sempat datang menghadiri acara pembukaan Persis Store bersama dengan Kaesang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemda DIY Pastikan Dampingi Pedagang Teras Malioboro Kembangkan Usahanya

Jogja
| Sabtu, 07 September 2024, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kuliner: Daftar Kedai Burger Lokal di Jogja

Wisata
| Senin, 02 September 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement