Advertisement

Pilkada Solo, Nama Kaesang Muncul di Bursa Pencalonan Kepala Daerah

Newswire
Jum'at, 23 Agustus 2024 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Pilkada Solo, Nama Kaesang Muncul di Bursa Pencalonan Kepala Daerah Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep - ist - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Nama Kaesang Pangarep bersaing dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2024.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu muncul dalam survei kandidat potensial di Pilkada Solo 2024 yang dilakukan Prodi Komunikasi FISIP UNS.

Advertisement

Berdasarkan paparan yang disampaikan Kepala Prodi Komunikasi FISIP UNS Sri Hastjarjo dalam konferensi pers di Ruang Sidang 1 Gedung I FISIP UNS, Jumat (23/8) siang, nama Kaesang Pangarep muncul di semua kategori survei.

Seperti kategori spontan awareness, top of mind, aided awareness, popularitas, kandidat terbaik, hingga kandidat dipilih (elektabilitas). Di kategori spontan awareness, nama Kaesang Pangarep berada di urutan ke tujuh dari semua figur.

Suami Erina Gudono itu disebutkan 22 responden atau 5,5% dari keseluruhan responden. Sedangkan di kategori top of mind, nama Kaesang Pangarep berada di urutan ke delapan dari seluruh kandidat.

Nama Kaesang Pangarep disebutkan 11 responden atau 1,9 persen dari semua responden. “Sementara untuk kategori aided awareness, Kaesang berada di peringkat pertama dengan disebutkan oleh 306 responden atau 26,4 persen,” ujarnya.

Selanjutnya nama Kaesang Pangarep berada di rangking tiga dalam kategori survei tingkat popularitas yaitu di angka 33,8%. Popularitas Kaesang kalah dari MN X yang mencapai 66,9% dan Teguh Prakosa di angka 49,5%.

Di urutan berikutnya berturut-turut ada nama Astrid Widayani 31,8%; Sekar Tandjung 28,1%; Sukma Putri Maharani 16%; Her Suprabu 15,9%; Diah Warih 8,4%. Namun, 33,8% responden mengaku tak tahu.

Lalu pada kategori kandidat terbaik yang berada di posisi teratas ada nama MN X dengan perolehan 34%, disusul Teguh Prakosa 18,4%; Kaesang Pangarep 13%, Astrid Widayani 4,3%; dan Sekar Tandjung 4,3%.

BACA JUGA: Wilayah Bantul Rawan Kebakaran Daun Kering di Permukaan Tanah

Namun, di kategori itu ada 112 responden atau 19,4% yang menjawab “tidak tahu”. Nama Kaesang juga muncul di kategori kandidat Cawali Solo yang akan dipilih responden, dengan persentase 8,7%. Kaesang di rangking ke empat.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu hanya kalah dari persentase keterpilihan MN X yang di angka 31%, tidak tahu 28,1%, dan Teguh Prakosa 16,6%.

Pendamping Santri

Sementara itu, Sekretaris Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan parpolnya telah menentukan siapa bakal calon wakil gubernur Jawa Tengah yang akan mendampingi Ahmad Lutfhi. "Inysaallah santri," kata dia singkat saat ditanya awak media di gedung DPP Partai Gerindra, Jumat.

Muzani pun ditanya kembali oleh awak media siapa sosok santri yang dimaksud. Muzani kembali menjawab bahwa sosok santri yang dimaksud berasal dari Jawa Tengah.

Namun demikian, Ahmad Muzani enggan memberi tahu sosok tersebut berasal dari partai mana. Muzani memastikan sosok yang dipilih itu telah ditunjuk langsung oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk maju di Jawa Tengah.

Muzani pun meminta para awak media untuk bersabar dan menunggu pengumuman siapa saja calon yang akan diusung Gerindra dalam Pilkada 2024.

Sebelumnya, Ahmad Lutfhi juga diusung oleh Partai Golkar menjadi Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah. Seakan tidak mau ketinggalan, PSI juga ikut mengusung Ahmad Lutfhi untuk maju menjadi calon orang nomor satu di Jawa Tengah.

Namun ketika ditanya siapa bakal calon wakil yang akan diusung untuk mendampingi Ahmad Lutfhi, baik pihak PSI dan Golkar pun belum bisa memberikan jawaban yang pasti.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Simak! Ini Lokasi Layanan SIM Keliling Sleman September 2024

Jogja
| Kamis, 19 September 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement