Advertisement

Tol Jogja-Solo Bakal Diresmikan Presiden Jokowi

Nimatul Faizah
Jum'at, 13 September 2024 - 22:17 WIB
Arief Junianto
Tol Jogja-Solo Bakal Diresmikan Presiden Jokowi Ilustrasi rambu peringatan terpasang di pinggir jalur fungsional tol Solo-Jogja. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALIPresiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meresmikan Jalan Tol Solo-Jogja di Gerbang Tol (GT) Banyudono, Kabupaten Boyolali pekan depan, tepatnya pada Rabu (18/9/2024).

Kabar rencana kedatangan Presiden Jokowi untuk peresmian Jalan Tol Solo-Jogja tersebut dibenarkan oleh Staf Ahli Direksi PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Bidang Pengadaan Tanah, Muhammad Amin. “Rencananya 18 September 2024, tetapi ini masih menunggu konfirmasi dari pihak beliau. Bisa geser maju atau mundur, terakhir 18 [September] di [GT] Banyudono,” kata dia, Jumat (13/8/2024).

Advertisement

Dia mengatakan per Jumat ini sudah diadakan penutupan uji laik fungsi (ULF) untuk mengetahui temuan-temuan sebelum diresmikan. Amin mengatakan temuan bersifat minor dan langsung diperbaiki.

Selanjutnya, Amin mengungkapkan untuk ruas Jalan  Tol Solo-Jogja yang bakal diresmikan Presiden Joko Widodo yaitu Seksi 1 Paket 1.1 Kartasura-Klaten sejauh 22,3 kilometer (km) dari Kartasura hingga Ngawen, Klaten.

“[Setelah nanti diresmikan] langsung dioperasionalkan. Untuk tarif ketentuannya sih Rp1.800-an per kilometer. Nanti kalau lewat situ tinggal dikali saja 22,3 kilometer dengan segitu,” kata dia.

Ketika angka Rp1.800-an dibulatkan menjadi Rp2.000, paling tidak untuk menempuh 22,3 km dari Kartasura ke Ngawen, pengguna membayar Rp44.600 sekali melintas.

Sepanjang 22,3 km Tol-Solo Jogja paket 1.1 Kartasura-Klaten ada tiga gerbang tol yaitu GT Banyudono, Boyolali. Lalu, GT Polanharjo yang berada Kecamatan Ceper, Klaten. Ketiga ada GT Klaten yang berada di Kecamatan Ngawen, Klaten.

BACA JUGA: Tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo: Ada Penambahan Lahan, Begini Desain Melewati Sumbu Imajiner Perempatan Ringroad Monjali

Manajer Pengendalian Paket 1.1 PT JMJ, Muhammad Zendy Drivama Surya juga membenarkan rencana kunjungan Presiden Jokowi untuk meresmikan Tol Solo-Jogja di GT Banyudono.

Ditanya soal arus lalu lintas yang bakal diterapkan pada saat peresmian, Zendy mengaku masih berkoordinasi dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Saat ini jalan masuk ke GT Banyudono dari arah Solo-Semarang sudah dipasangi traffic light

Traffic light tersebut sudah menyala akan tetapi baru warna kuning yang terus mengedip. Di GT Banyudono, terlihat tenda besar berwarna putih dengan kursi-kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bawaslu DIY Sosialisasikan Produk Hukum Tentang Perselisihan Hasil Pemilihan

Jogja
| Rabu, 18 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement