Advertisement

Mulai Besok, Jalan Jogja-Solo di Klaten Diberlakukan Sistem Contraflow karena Proyek Tol

Taufiq Sidik Prakoso
Minggu, 08 September 2024 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Mulai Besok, Jalan Jogja-Solo di Klaten Diberlakukan Sistem Contraflow karena Proyek Tol Ilustrasi arus lalu lintas di jalan Solo-Klaten. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Ruas Jalan Jogja-Solo Joglo di Desa Somopuro, Kecamatan Jogonalan, Klaten, bakal diberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai Senin (9/9/2024) hingga Senin (14/10/2024). 

Hal itu untuk mendukung pekerjaan proyek Tol Joglo di dekat gate atau gerbang tol Prambanan. Berdasarkan informasi di akun Instagram @jasamargajogjasolo_official, ada dua tahap pemberlakuan contraflow. Tahap pertama dimulai pada 9 September-14 Oktober 2024 dan tahap kedua pada 14 Oktober sampai 25 November 2024. Total rencana pemberlakuan contraflow di lokasi itu selama 78 hari.

Advertisement

Contraflow berlangsung selama proses pekerjaan di dekat gate tol Prambanan sepanjang 760 meter. Pada tahap pertama, ruas dari arah Jogja ke Solo ditutup di lokasi pekerjaan jalan. Ruas dari arah Solo ke Jogja diberlakukan dua arah sepanjang lokasi pekerjaan.

Pada tahap kedua, giliran ruas dari arah Solo ke Jogja ditutup di lokasi pekerjaan jalan. Ruas dari arah Jogja ke Solo diberlakukan dua arah. Hal itu berdampak pada penyempitan jalan selama contraflow diterapkan di lokasi tersebut.

Diberitahukan sehubungan dengan pekerjaan jalan di ruas jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo paket 1.2, maka akan diberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow pada jalan raya Solo Yogyakarta mulai tanggal 9 September 2024 s/d 14 Oktober 2024. PT Jasamarga Jogja Solo memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul atas kegiatan pekerjaan tersebut. Demi kelancaran diimbau kepada pengguna jalan agar selalu berhati hati dan mengikuti arahan petugas serta mematuhi rambu-rambu disekitar lokasi pekerjaan, demikian disampaikan atas perhatian dan kerjas amanya kami ucapkan terima kasih,” tulis akun @jasamargajogjasolo_official.

Dimintai konfirmasi terkait dengan pemberlakuan contraflow di dekat gate tol Prambanan, Pegawai Staf Ahli Direksi PT Jasamarga Jogja Solo Bidang Pengadaan Tanah, Muhammad Amin, membenarkan rekayasa lalu lintas itu diberlakukan lantaran ada pelebaran jalan arteri yang terhubung dengan gate tol Prambanan. “Iya, betul [pemberlakuan contraflow] sesuai informasi di IG [Instagram],” kata Amin, Minggu (8/9/2024).

Berdasarkan pantauan pada Sabtu (7/9/2024) sore, alat berat dikerahkan untuk membongkar sebagian median jalan raya Solo-Jogja di dekat lokasi gate tol Prambanan. Sejumlah water barrier juga mulai ditata di sekitar lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja-Solo Rabu 18 September 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Rabu, 18 September 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement