Advertisement

Seorang Ibu Penjual Sayur di Klaten Dibacok di Jalan Weru-Cawas hingga Tulang Iga Patah, Ini Kronologinya

Taufiq Sidik Prakoso
Sabtu, 08 Juni 2024 - 06:57 WIB
Sunartono
Seorang Ibu Penjual Sayur di Klaten Dibacok di Jalan Weru-Cawas hingga Tulang Iga Patah, Ini Kronologinya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Aksi kejahatan jalanan terjadi di ruas jalan Weru-Cawas, Klaten pada Rabu (29/5/2024) lalu. Seorang ibu penjual sayur berinisial W, 60, dibacok hingga mengenai punggungnya dan tulang iga patah. Korban yang merupakan warga Kecamatan Weru, Sukoharjo sempat tidak menyadari ada luka senjata tajam di punggungnya seusai dibacok orang saat hendak menuju Pasar Cawas.

Berdasarkan data yang dihimpun JIBI/Solopos, setelah kejadian di simpang tiga Tapan, Desa Pakisan, Cawas, Klaten, W masih sempat melanjutkan perjalanan sampai ke Pasar Cawas. Ia saat itu belum menyadari punggungnya terluka. Saat sampai di pasar ia hanya terduduk kemudian ditanya temannya kenapa hanya duduk saja.

Advertisement

Teman W kemudian mengecek bagian yang dipukul dan saat itulah baru diketahui W mengalami luka bekas bacokan. W kemudian diantar ke rumah sakit. Seusai lukanya mendapatkan perawatan, W pulang ke rumah.

BACA JUGA : Polisi Ringkus 4 Terduga Pelaku Pembacokan Ojol di Bantul

Sore harinya, W dibawa keluarganya ke RSU Islam Cawas. Dari hasil rontgen ternyata satu tulang iga patah. Setelah diobservasi, W juga mengalami pendarahan paru-paru. W lalu dirujuk ke RSUP dr Sardjito Yogyakarta.

Salah satu anak W, Eksan, 29, saat dihubungi JIBI/Solopos, Jumat (7/6/2024), menceritakan kronologi kejadian pembacokan yang dialami ibunya. Ia mengatakan peristiwa yang menimpa ibunya terjadi pada Rabu (29/5/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.

Menurut Eksan, ibunya yang berjualan sayur di rumah, biasa kulakan sayur di Pasar Cawas saat pagi buta. Namun, pada Rabu pagi itu, di tengah perjalanan menuju pasar atau tepatnya di simpang tiga Tapan, Desa Pakisan, Kecamatan Cawas, Klaten, W dibacok orang tak dikenal.

Pelaku diduga ada dua orang berboncengan naik sepeda motor dan melaju dari arah Posis menuju Cawas. W awalnya sama sekali tak curiga dan terus mengendarai sepeda motornya mengarah ke Pasar Cawas.

Tiba-tiba W dipepet oleh dua orang berboncengan sepeda motor itu dan langsung dipukul pada bagian punggung. W tidak langsung jatuh dari sepeda motornya dan terus melanjutkan perjalanan.

“Kemudian orang tadi bablas dan putar balik kemudian dari depan mau memukul lagi. Kemudian ibu saya teriak minta tolong. Orang berboncengan sepeda motor itu tadi kemudian bablas tidak tahu arahnya ke mana,” kata Eksan.

Eksan menambahkan ibunya awalnya menyangka hanya dipukul. Baru setelah sampai di pasar dan diperiksa temannya, W diketahui mengalami luka bacok di punggung. Tak hanya itu, dari pemeriksaan di rontgen rumah sakit, ternyata ada satu tulang iga yang patah. Setelah diobservasi lebih lanjut, W juga mengalami pendarahan paru-paru.

W lalu dirujuk ke RSUP Sardjito Jogja dan menjalani operasi di rumah sakit tersebut pada Sabtu (1/6/2024). Kini, kondisi W terus membaik dan direncanakan segera pulang ke rumah. Eksan berharap pelaku yang membacok ibunya segera tertangkap. Ia pun terus berkoordinasi dengan kepolisian.

Kapolres Klaten, AKBP Warsono, mengatakan penanganan kasus pembacokan bakul sayur di Cawas membutuhkan waktu karena minim saksi saat kejadian. Namun ia menegaskan kasus tersebut bakal diungkap sampai tuntas. Penanganan kasus itu dilakukan bekerja sama dengan Polsek Cawas.

BACA JUGA : Kasus Pembacokan Driver Ojol, Polisi Belum Menetapkan Tersangka

“Kami minta untuk cari bukti-bukti, cari saksi dan didalami. Kami punya kewajiban untuk mengungkap itu,” kata Kapolres saat ditemui wartawan di Pendapa Pemkab Klaten, Sabtu (1/6/2024).

Kapolres pun mempersilakan warga yang memiliki informasi terkait kasus itu untuk membantu kepolisian. Kapolres sempat membesuk bakul sayur asal Sukoharjo yang dibacok orang di Cawas, Klaten, itu di RSUP dr Sardjito Yogyakarta, Senin (3/6/2024).

Pada unggahan di Instagram @polres_klaten, Kapolres menjenguk W didampingi sejumlah pejabat utama Polres Klaten dan Kapolsek Cawas. Kapolres menjelaskan kedatangannya sebagai wujud kepedulian sekaligus dukungan moril kepada korban.

Kapolres juga memberikan bantuan untuk keluarga korban. “Terkait penanganan kasus, Kapolres berkomitmen untuk mengungkap sampai tuntas. Bagi masyarakat yang mempunyai informasi yang membantu pengungkapan kasus tersebut agar menghubungi pihak kepolisian,” tulis penjelasan di @polres_klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bupati Sleman Raih Penghargaan Tokoh Publik Pegiat Anti Narkoba

Sleman
| Rabu, 26 Juni 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement