Advertisement

Revitalisasi Kraton Surakarta, Alun-Alun Batal Jadi Ladang Pasir Seperti di Jogja

Newswire
Rabu, 27 Maret 2024 - 20:17 WIB
Maya Herawati
Revitalisasi Kraton Surakarta, Alun-Alun Batal Jadi Ladang Pasir Seperti di Jogja Kraton Surakarta Hadiningrat di Solo, Jawa Tengah. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SURAKARTA—Revitalisasi Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan kembali jadi pembahasan di lingkungan Pemkot Surakarta.

Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa di Solo, Jawa Tengah, mengatakan salah satu hal yang dibicarakan yakni penggunaan alas di alun-alun Kraton. Ia mengatakan dari hasil rapat tersebut diputuskan bahwa alas alun-alun akan dikembalikan seperti sebelumnya, yakni menggunakan rumput.

Advertisement

"Pembahasan bulan lalu itu kan diskusinya material pasir (seperti di Alun-Alun Utara Kraton Jogja), itu pun masih berdebat pasir sungai atau pasir laut. Ini tadi berubah dan disesuaikan dengan fungsinya saat ini," katanya, Rabu (27/3/2024).

BACA JUGA: Organda DIY Pastikan Tak Ada Bus Pakai Klakson Telolet saat Mudik Lebaran

Menurut dia, salah satu pertimbangan digunakannya rumput sebagai alas alun-alun utara, yakni agar bisa dimanfaatkan oleh banyak orang, khususnya untuk kegiatan ekonomi masyarakat. Ia mengatakan salah satu kegiatan ekonomi yang sering diselenggarakan di alun-alun, yakni Sekaten.

"Kami kan juga harus memfasilitasi pelaku usaha yang ingin berdagang di sini. Tentu masyarakat juga akan banyak yang beli di sini," katanya.

Perwakilan Kraton Kasunanan sekaligus Ketua Eksekutif Lembaga Dewan Adat (LDA) Kraton Kasunanan Surakarta Kanjeng Pangeran Eddy Wirabhumi mengatakan sudah ada kesepakatan terkait penggunaan alas rumput tersebut. Terkait  dengan itu pihaknya juga sudah menerima masukan dari sejumlah akademisi dan guru besar.

"Untuk jenis rumputnya apa kami akan mendengar masukan dari guru besar yang mengkaji ini. Kalau tidak salah namanya rumput keriting, perawatan mudah, tahan perubahan cuaca, dan harganya murah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca: DIY Diguyur Hujan Hari Ini Minggu 21 April 2024

Jogja
| Minggu, 21 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement