Advertisement

Cerita Petugas Damkar, Butuh 1 Jam Tangkap Anakan Kobra di Bodi Motor Milik Warga Klaten

Taufiq Sidik Prakoso
Kamis, 14 Desember 2023 - 06:27 WIB
Sunartono
Cerita Petugas Damkar, Butuh 1 Jam Tangkap Anakan Kobra di Bodi Motor Milik Warga Klaten Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Seekor ular kobra sepanjang kurang lebih 20 sentimeter menyelinap dan bersembunyi di bodi sepeda motor milik Fredi, 32, warga Dukuh Sisiran, Desa Majegan, Kecamatan Tulung, Klaten, Rabu (13/12/2023).

Pemilik motor kemudian meminta bantuan petugas Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten. Laporan diterima petugas Damkar Klaten sekitar pukul 11.00 WIB.

Advertisement

Petugas cukup kesulitan mengevakuasi ular itu karena bersembunyi di dalam bodi motor matik tersebut. Butuh lebih dari satu jam baru petugas bisa menemukan ular itu. Untuk itu petugas terlebih dahulu membongkar bodi sepeda motor tersebut lantaran ular menyelinap di dalam rangka sepeda motor.

BACA JUGA : Ular Kobra Jawa Sembunyi di Samping Lemari Pakaian Warga Bantul

Anggota regu 3 Damkar Klaten, Nur Rochim, mengatakan dari penjelasan pemilik motor, Fredi, sebelumnya sepeda motor itu diparkir di depan rumah. Saat keluar dari rumah, warga Tulung, Klaten, itu melihat seekor ular di sekitar sepeda motor yang terparkir.

Dia kemudian mencari kayu dan berniat mengusir ular tersebut. Ketika didekati, ular malah masuk ke dalam sepeda motor melalui standar. Lantaran mengetahui jenis ular yang masuk ke dalam sepeda motor itu ular kobra, pemilik meminta bantuan petugas Damkar Klaten yang langsung mendatangi lokasi.

“Pertama kami cek dulu keberadaan ularnya. Kami telusuri menggunakan kamera stetoskop yang terhubung ponsel. Kami cek di bagian bawah serta depan tidak kelihatan ularnya kemudian kami bongkar bagasi untuk akses memasukkan kamera. Setelah dicek ternyata juga tidak ketemu kemudian kami buka bagian bodi samping sepeda motor,” kata Nur Rochim saat dihubungi JIBI/Solopos, Rabu (13/12/2023).

Saat bodi samping sepeda motor milik warga Tulung, Klaten, itu dibuka, ular itu terlihat menyelinap di sela antara tangki bensin dengan spatbor. Celah itu sempit, hanya sekitar 1 sentimeter, sehingga menyulitkan alat penangkap ular untuk masuk.

Kemudian petugas Damkar mencoba mengambil ular itu menggunakan kail. Hanya, ketika akan dikeluarkan ular itu kabur. Setelah ditelusuri lagi menggunakan kamera, anakan kobra itu bersembunyi di dalam rangka sepeda motor.

Tempat ular menyelinap itu semakin sulit dijangkau alat milik petugas. ”Akhirnya kami beri bau-bauan menyengat [menggunakan cairan pembersih lantai]. Setelah kami tunggu sebentar, tidak sampai lima menit, ular keluar kemudian ditangkap,” kata Nur Rochim.

BACA JUGA : Ketua Sioux Indonesia Meninggal setelah Dipatuk King Cobra

Ular itu kemudian dibawa petugas Damkar Klaten untuk dikarantina. Setelah proses evakuasi itu, bodi sepeda motor dikembalikan seperti semula.

Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, mengatakan proses evakuasi ular tersebut berlangsung hingga pukul 12.20 WIB. Ular jenis kobra Jawa itu sepanjang 20 sentimeter. “Tidak ada kendala selama proses evakuasi ular,” kata Sumino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Istri Joko Pinurbo Kenang Sosok Joko Pinurbo sebagai Pribadi yang Sederhana

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement