Advertisement

Belasan Mantan Anggota Jamaah Islamiyah di Boyolali Ikrar Setia NKRI di HUT ke-79 RI

Nimatul Faizah
Sabtu, 17 Agustus 2024 - 18:27 WIB
Sunartono
Belasan Mantan Anggota Jamaah Islamiyah di Boyolali Ikrar Setia NKRI di HUT ke-79 RI Sebanyak 13 mantan anggotaJamaah Islamiyah (JI) di Boyolali melaksanakan ikrar mendukung Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mencium bendera Merah Putih di Kodim 0724 Boyolali, Sabtu (17/8/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI—Sebanyak 13 mantan anggota Jamaah Islamiyah (JI) di Boyolali melaksanakan ikrar mendukung Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mencium bendera Merah Putih di Kodim 0724 Boyolali, Sabtu (17/8/2024).

Hal tersebut terjadi dalam momentum upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Kodim Boyolali.

Advertisement

Dilansir Solopos, dalam acara tersebut 13 eks anggota JI memakai kaus putih dengan tulisan Setia NKRI. Mereka juga melakukan hormat dan mencium bendera merah putih sebagai tanda kembali ke NKRI. Ikrar setia kepada NKRI dibacakan oleh salah satu eks anggota JI, Eko Yulianto, diikuti 12 rekan yang lain.

BACA JUGA : Toleransi Umat Islam di Indonesia Perlu Ditularkan ke Dunia Internasional

Pembacaan ikrar setia eks anggota JI kepada NKRI turut disaksikan oleh Tim Kewaspadaan Dini Boyolali yang terdiri dari Kesbangpol, Kodim, BIN, dan Polres.

Eko yang membacakan ikrar mengaku lega dan senang bisa kembali ke NKRI. Ia mengatakan akan memberikan kontribusi maksimal untuk NKRI.  “Ya perasaan saya lega karena telah mendapat kepastian keluar dari anggota JI dan akan ikut berkontribusi untuk kemajuan Republik Indonesia,” kata pria yang sejak 2012 menjadi anggota JI tersebut.

Dandim 0724 Boyolali, Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, menjelaskan bertepatan dengan HUT ke-79 RI di Kodim Boyolali, terdapat 13 eks anggota JI yang mengikrarkan diri lepas dari JI dan kembali ke NKRI. “Ada 13 orang mantan anggota JI di wilayah Boyolali yang mengikuti ikrar,” kata dia.

Ia berharap dengan ikrar setia kepada NKRI dan simbol hormat hingga mencium bendera merah putih dapat memberikan kepercayaan diri kepada eks anggota JI yang telah kembali kepada NKRI.

BACA JUGA : Mbah Benu Pendiri Masjid Aolia Sebut Kanjeng Ratu Kidul Jumlahnya Sembilan, Semua Jadi Jemaahnya

“Semoga mereka memiliki rasa cinta Tanah Air, kebhinekaan yang tinggi, dan bisa diterima kembali di masyarakat sesuai dengan kemampuan dan kegiatan masing-masing,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tanaman Cabai di Galur Terserang Hama, Dinas Pertanian Kulonprogo Lakukan Ini

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement