Advertisement

Pilkada Klaten: PDIP Berkoalisi dengan PKS

Taufiq Sidik Prakoso
Minggu, 07 Juli 2024 - 18:37 WIB
Sunartono
Pilkada Klaten: PDIP Berkoalisi dengan PKS Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Klaten resmi berkoalisi PDIP pada Pilkada Klaten 2024. Kesepakatan koalisi kedua parpol dituangkan dalam nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani Ketua DPD PKS Klaten dan Ketua DPC PDIP Klaten, Sabtu (6/7/2024) malam.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan di Kantor DPC PDIP Klaten, Kelurahan Gayamprit, Klaten Selatan. Penandatangan dihadiri kedua pengurus partai di tingkat kabupaten itu.

Advertisement

“Pada malam hari ini di malam 1 Sura, saya di Kantor DPC PDI Perjuangan Klaten menggelar silaturahmi yang mengerucut pada kerja sama dengan PKS Klaten dalam rangka menghadapi Pilkada serentak 2024,” kata Ketua DPC PDIP Klaten, Sri Mulyani dikutip Solopos Minggu (7/7/2024).

BACA JUGA :Pilkada Klaten 2024, Bakal Calon dari PDIP Jalani Fit and Proper Test

“Alhamdulillah, kami PDI Perjuangan bekerja sama dengan PKS untuk sama-sama memenangkan calon bupati dan wakil bupati di Kabupaten Klaten,” kata Mulyani.

Ketua DPD PKS Klaten, Sri Martono, mengatakan PKS dan PDIP sebelumnya sudah menjalin komunikasi secara intensif. Tujuannya untuk menyamakan visi dan misi untuk Kabupaten Bersinar. Komunikasi itu kemudian diresmikan dengan penandatanganan koalisi pada Sabtu malam.

“Alhamdulillah malam ini secara resmi PKS menandatangani kerja sama politik untuk berkoalisi dengan DPC PDIP Kabupaten Klaten dalam Pilkada 2024. Ini menjadi langkah strategis bersatunya merah dan putih sebagaimana bendera kebanggaan kita semua,” kata Sri Martono.

Soal nama bakal cabup dan cawabup yang akan diusung koalisi tersebut di Pilkada Klaten 2024, Sri Martono mengatakan akan dibicarakan bersama. Dia juga menjelaskan koalisi PKS dan PDIP masih sangat terbuka dan menyambut baik partai politik lain untuk bergabung.

“Tentu kami terbuka untuk semua elemen bergabung baik dari partai politik lain maupun juga semua elemen relawan yang ingin melanjutkan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan di Klaten,” ujar dia.

Saling Mendukung

Tim Pemenangan Pilkada PKS Klaten Bidang Komunikasi, Widodo, mengatakan isi kerja sama di antaranya komitmen kedua partai untuk berkoalisi termasuk saling mendukung dalam upaya pemenangan Pilkada Klaten 2024. Dalam kerja sama itu juga mulai dibahas program-program untuk kesejahteraan masyarakat dan pembangunan Klaten yang lebih baik.

“Terkait nanti calon bupati dan wakil bupati siapa, akan ditindaklanjuti dalam lampiran yang lebih detail,” kata Widodo yang juga Ketua Fraksi PKS di DPRD Klaten.

BACA JUGA : Pilkada Kulonprogo Mengerucut ke 2 Poros

Widodo mengatakan MoU itu akan ditindaklanjuti kedua partai ke pengurus di tingkat yang lebih atas sampai ke DPP. “Titik akhir nanti rekomendasi. Justru ini menjadi upaya menguatkan supaya DPP PKS dan PDIP segera menurunkan rekomendasi itu karena kenyataannya di Klaten keputusan koalisi PKS dengan PDIP,” kata Widodo.

Widodo juga berharap partai lain bisa segera bergabung memperkuat kerja sama yang sudah dibangun. Harapan itu ditujukan pula kepada Partai Gerindra Klaten yang sebelumnya sudah sama-sama membangun komunikasi dengan PDIP dan PKS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Akhir Pekan Ini Bisa Jalan-jalan Naik Trans Jogja, Cek Jalurnya di Sini

Jogja
| Sabtu, 20 Juli 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement