Advertisement

Diturunkan dari Pikap, Sapi Empat Kuintal Malah Masuk Gorong-Gorong

Newswire
Sabtu, 12 Oktober 2024 - 14:47 WIB
Maya Herawati
Diturunkan dari Pikap, Sapi Empat Kuintal Malah Masuk Gorong-Gorong Petugas Damkar bersama TRC BPBD, sukarelawan, dan warga mengevakuasi seekor sapi dari gorong-gorong di Desa Bonyokan, Kecamatan Jatinom, Klaten, Jumat (11/10/2024). ist - Damkar Klaten

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN–Petugas Damkar Satpol PP dan Damkar di Pasar Hewan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah berhasil mengevakuasi seekor sapi yang masuk gorong-gorong saat diturunkan di Pasar Hewan Jatinom, Jumat (11/10/2024).

Proses evakuasi berlangsung dramatis dan sapi seberat 400 kilogram (kg) atau empat kuintal itu berhasil dikeluarkan menggunakan crane.

Advertisement

Evakuasi dilakukan petugas Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten bersama TRC BPBD, sukarelawan, dan warga.

Damkar Klaten menerima laporan itu sekitar pukul 09.00 WIB. Lokasi kejadian itu berada di wilayah Desa Bonyokan, Kecamatan Jatinom.

“Sapi mau diturunkan dari pikap di pasar hewan tiba-tiba meronta dan lepas kemudian masuk gorong-gorong sejauh 100 meter dari tempat penurunan sapi,” kata Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, saat dihubungi Espos, Jumat (12/11/2024).

Anggota Regu 3 Damkar Klaten, Irwan Santosa, mengatakan awalnya pemilik berniat menjual sapi ke Pasar Hewan Jatinom. Saat hendak diturunkan, sapi tiba-tiba meronta dan lari melompat ke selokan. Sapi kemudian masuk gorong-gorong sejauh 100 meter.

Setelah mendapatkan laporan, petugas Damkar kemudian mendatangi lokasi. Lantaran sapi berada di dalam gorong-gorong, petugas kemudian masuk ke lubang saluran air selebar 1,5 meter dengan ketinggian sekitar 1,5 meter tersebut.

BACA JUGA: Duel Empat Siswa SMP, Satu Meninggal Dunia

Selain masuk ke gorong-gorong, petugas mencari celah gorong-gorong sebagai tempat mengeluarkan sapi tersebut. “Ketemu celah di tepi jalan raya dengan ketinggian 3 meter,” kata Irwan.

Di dalam gorong-gorong, petugas berusaha menggiring sapi tersebut menuju ke sisi saluran yang ada celahnya  sejauh 25 meter. Saat digiring, sapi sempat kembali memberontak dan menyepak petugas.

Beruntung, peristiwa itu tak sampai membuat petugas terluka. “Sapi sempat memberontak dan sempat menendang petugas kena bagian paha. Alhamdulillah tidak apa-apa,” kata Irwan.

Proses pengangkatan sapi dari gorong-gorong sempat dilakukan secara manual. Hingga ada mobil crane yang melintas dan dimintai bantuan untuk mengangkat sapi dari gorong-gorong.

“Kebetulan ada mobil crane lewat. Kami minta bantuan dan bersedia. Kemudian sapi diangkat menggunakan crane,” jelas dia.

Sapi berhasil dievakuasi ke permukaan setelah diangkat menggunakan crane. Sapi dievakuasi dalam kondisi hidup dengan lecet pada sisi punggung. Sapi kemudian diserahkan ke pemiliknya. Proses evakuasi berlangsung sekitar satu jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Titik Nol Kilometer Malioboro Jogja ke Pantai Pantai Parangtritis Senin 14 Oktober 2024

Jogja
| Senin, 14 Oktober 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Wisata Kesehatan yang Tak Tertandingi di Turki

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 00:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement