Advertisement

Angin Kencang Bikin Los Mbako Tempat Syuting Gadis Kretek di Klaten Rata dengan Tanah

Taufiq Sidik Prakoso
Kamis, 04 Januari 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Angin Kencang Bikin Los Mbako Tempat Syuting Gadis Kretek di Klaten Rata dengan Tanah Lokasi los tembakau tempat syuting Gadis Kretek yang rata dengan tanah. - JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Masih ingat adegan ketika Raya memberikan bungkusan untuk Jeng Yah lewat Seno dalam film Gadis Kretek? Adegan itu menjadi salah satu adegan epik dalam film itu dengan latar sebuah bangunan kayu, los tembakau.

Sayangnya, los tembakau itu menjadi satu dari tiga los tembakau di Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan, yang ambruk akibat diterjang angin kencang pada Rabu (2/1/2024) siang.

Advertisement

Ambruknya los tembakau atau tempat pengolahan daun tembakau itu terjadi bersamaan dengan kejadian angin kencang yang menerjang 14 kecamatan di Kabupaten Klaten. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ambruknya ketiga los mbako tersebut. Ketiga los mbako milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 4.

Bangunan los tembakau itu berkonstruksi bambu beratap rapak. Adapun, ketiga los yang ambruk tersebut masing-masing berjarak tidak terlampau jauh.

Para pekerja membersihkan reruntuhan bangunan salah satu los tembakau yang ambruk diterjang angin di area persawahan tepi jalan seberang Balai Desa Karanglo, Klaten.

Los itu berukuran 100 meter x 12,5 meter. Mereka mengumpulkan bambu-bambu yang tidak rusak dari reruntuhan bangunan. “Kejadian kemarin sekitar pukul 13.00 WIB karena angin kencang. Tidak ada aktivitas [di los mbako]. Kebetulan lagi off tembakau sehingga kondisinya lagi kosong,” kata Asisten Manager Operasional PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 4, Agil, saat di salah satu los, Kamis.

Los mbako dalam film Gadis Kretek.

Soal nilai kerugian dari ketiga los mbako yang ambruk diterjang angin di Karanglo, Klaten, itu, Agil menaksir sekitar Rp400 juta.

Dari sisi kekuatan bangunan los, dia menjelaskan konstruksi bangunan sebenarnya sudah kokoh diperkuat dengan pengikat kawat baja.

Salah satu los mbako di Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten, yang menjadi lokasi syuting serial Gadis Kretek.

BACA JUGA: Angin Ribut Porak-porandakan Klaten, 40 Warung Ambruk Reklame Bertumbangan

Diberitakan sebelumnya, angin kencang menerjang wilayah Klaten pada Rabu sekitar pukul 13.00 WIB.

Akibat kejadian itu, sejumlah pohon tumbang. Beberapa pohon menimpa bangunan. Selain itu, sejumlah bangunan rusak hingga roboh. Empat orang terluka akibat kejadian angin kencang pada Rabu siang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Syahruna, menjelaskan ada empat orang yang terluka setelah terdampak angin kencang maupun terluka saat proses penanganan. Ketiga orang terluka ringan dan satu orang luka sedang.

“Satu orang mengalami luka kategori sedang karena tertimpa pohon talok di depan Kantor KUA Wonosari. Korban saat ini menjalani rawat inap di rumah sakit,” kata Syahruna, Rabu.

Sementara itu, tiga orang lainnya mengalami luka ringan dan menjalani rawat jalan. Mereka terdiri atas dua pemancing yang terluka terkena di Kecamatan Wedi dan satu sukarelawan terluka karena terkena parangnya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Baru Satu TPS3R yang Beroperasi, Sampah di Jogja Sementara Ditahan di Depo

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement