Advertisement

Jalur Pendakian Gunung Lawu dan Bukit Mongkrong Resmi Dibuka

Indah Septiyaning Wardani
Selasa, 21 November 2023 - 00:47 WIB
Sunartono
Jalur Pendakian Gunung Lawu dan Bukit Mongkrong Resmi Dibuka Para pendaki Gunung Lawu. Mendaki gunung butuh tips tertentu agar aman. - Harian Jogja/M136/Daffa Firdaus Najati

Advertisement

Harianjogja.com, KARANGANYAR—Jalur pendakian Gunung Lawu di wilayah Kabupaten Karanganyar resmi dibuka kembali untuk umum mulai Senin (20/11/2023) malam setelah sebelumnya ditutup.

Asper Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara KPH Solo, Sartono mengatakan jalur pendakian dibuka mulai pukul 20.00 WIB. Selain pendakian Gunung Lawu, pendakian Bukit Mongkrong juga dibuka kembali untuk umum.

Advertisement

BACA JUGA : Menyala 13 Hari, Api di Hutan Gunung Lawu Akhirnya Padam

“Sampai tadi siang jalur pendakian masih ditutup. Kami memang belum menerima surat dari Administratur KPH Surakarta sore tadi dan jalur pendakian dinyatakan dibuka kembali untuk umum mulai pukul 20.00 WIB,” kata Sartono kepada JIBI/Solopos, Senin malam.

Sartono mengatakan seluruh jalur pendakian Gunung Lawu di wilayah Jawa Tengah dibuka di antaranya melalui pos Candi Cetho Kecamatan Jenawi, Tambak Kecamatan Ngargoyoso dan Cemoro Kandang di Kecamatan Tawangmangu.

Dia memastikan jalur pendakian aman dan siap dilalui untuk pendaki ke puncak Lawu. Material sisa kebakaran Gunung Lawu terutama di jalur pendakian telah dibersihkan. Pembersihan tersebut melibatkan sukarelawan dari berbagai organisasi.

Dia mengatakan ada seluas 185 hektare hutan dan lahan (karhutla) Gunung Lawu di wilayah Kabupaten Karanganyar yang terbakar pada Oktober lalu.

BACA JUGA : Kebakaran di Gunung Lawu Meluas, Api Masuk Jalur Pendakian dan Kompleks Warung di Puncak

Mayoritas lahan terbakar merupakan semak belukar dan hanya sebagian tanaman besar. Pasca kebakaran itu, dia menilai perlu dilakukan untuk penghijauan kembali kawasan Gunung Lawu.

Penghijauan akan dilakukan dengan melibatkan berbagai stakeholder terkait. “Dalam waktu dekat sudah ada rencana untuk penghijauan Lawu yang diinisiasi oleh Brigif,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jemaah Calon Haji di Bantul Diberangkatkan dalam Lima Kloter

Bantul
| Jum'at, 10 Mei 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement