Advertisement

Gaungkan Spirit Optimisme, Karyawan PT Sritex Bekerja sambil Kenakan Pita Hitam

R Bony Eko Wicaksono
Minggu, 27 Oktober 2024 - 13:27 WIB
Arief Junianto
Gaungkan Spirit Optimisme, Karyawan PT Sritex Bekerja sambil Kenakan Pita Hitam Karyawan Sritex bekerja sambil mengenakan pita hitam. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SUKOHARJO—Ribuan karyawan PT Sri Rejeki Isman (Sritex), Tbk yang berlokasi di Sukoharjo mengenakan pita hitam saat beraktivitas di pabrik, Sabtu (26/10/2024). Mereka menggaungkan semangat positif untuk bersatu padu demi masa depan dan kelangsungan hidup keluarga. 

Video ribuan karyawan PT Sritex memakai pita hitam di lengan dibagikan akun Instagram halo.sritex. Di video itu, tampak para karyawan tengah berjalan kaki hendak bekerja pada pagi hari. Mereka memakai seragam biru yang menjadi ciri khas PT Sritex. 

Advertisement

Di lengan para pekerja, tampak pita hitam bertuliskan Selamatkan SRITEX". Meski dinyatakan pailit oleh PN Niaga Semarang, para pekerja tetap beraktivitas normal.

Mereka justru lebih bersemangat dan motivasi tinggi untuk bersama-sama mempertahankan eksistensi PT Sritex sebagai raksasa tekstil di Asia Tenggara. 

Manager HRD dan Human Capital Sritex Group Sri Saptono Basuki mengatakan pita hitam yang dipakai ribuan karyawan PT Sritex merupakan simbol kebangkitan. Karyawan sebagai aset terbesar perusahaan akan bersama-sama untuk berjuang demi kelangsungan hidup keluarga di rumah. "Pita hitam yang dipakai di lengan bukan simbol kesedihan melainkan simbol kebangkitan. PT Sritex adalah sawah ladang belasan ribu karyawan dan keluarga. Mari berjuang bersama-sama menuju kondisi yang lebih baik," kata dia, Sabtu. 

Basuki, sapaan akrabnya, mengatakan Sritex adalah rumah bagi ratusan ribu jiwa yang menggantungkan hidup dari produksi tekstil.

Mereka memiliki harapan besar agar perusahaan yang telah berumur lebih dari 50 tahun terus beroperasi. 

Asa para pekerja juga menjadi harapan bagi istri dan anaknya di rumah. "Kami berharap PT Sritex kembali berjaya menghidupi ribuan karyawan dan memberikan kontribusi perekonomian daerah dan masyarakat. #Saveoursritex," kata dia.

BACA JUGA: Begini Gambaran Bisnis Sritex Setelah Dinyatakan Pailit

Sebelumnya, General Manager HRD Sritex Group Haryo Ngadiyono memastikan perusahaan masih berjalan normal dan para pekerja juga masih aktif bekerja setiap hari meski PT Sritex dinyatakan pailit oleh PN Niaga Semarang. 

Haryo mengaku para karyawan sempat resah setelah mendengar kabar soal putusan PN Niaga Semarang. Manajemen perusahaan lantas mengumpulkan para karyawan untuk meredam kecemasan mereka.

Kala itu, manajemen perusahaan menegaskan para karyawan tak perlu khawatir karena perusahaan masih berjalan normal. "Namun, sebenarnya perusahaan masih berjalan normal. Mesin produksi masih menyala dan pekerja masih beraktivitas di pabrik. Mereka kerja tiga sif setiap hari," ujar dia. 

Lebih jauh, Haryo mengatakan ada perusahaan dengan emiten SRIL dan tiga anak perusahaan yang menjadi termohon dalam gugatan di PN Niaga Semarang, yakni PT Sritex Tbk, PT Sinar Pantja Djaja di Semarang dan PT Bitratex Industries serta PT Primayudha Mandirijaya di Kabupaten Boyolali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemkab Bantul Dapat Alokasi Tambahan LPJU di Makam Raja Imogiri Tahun Depan

Bantul
| Senin, 28 Oktober 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement