Advertisement

Viral, Video Pemotor Nyelonong Masuk di Tol Solo-Jogja, Ini Kata kapolres Klaten

Taufiq Sidik Prakoso
Rabu, 23 Oktober 2024 - 07:17 WIB
Ujang Hasanudin
Viral, Video Pemotor Nyelonong Masuk di Tol Solo-Jogja, Ini Kata kapolres Klaten Video pemotor nyelonong masuk ruas jalan tol Solo-Jogja di Gerbang Tol Polanharjo Klaten, Senin (21/10 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN – Viral sebuah video di media sosial yang menunjukan pengendara sepeda motor nyasar memasuki ruas tol Solo-Jogja di Gerbang Tol Karanganom, Klaten.

Dalam video yang berdurasi sekitar lima detik itu terlihat seorang pengendara sepeda motor matik mengenakan helm dan berjaket berhenti di bahu jalan tol. Dia mengarahkan pandangan ke sisi belakangnya.

Advertisement

Perekam mengambil video dari mobil yang melintas. Tak berapa lama pengendara sepeda motor itu kemudian memutar arah kendaraan kembali mengarah ke gerbang tol. Peristiwa itu terjadi Senin (21/10/2024) siang.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Riki Fahmi Mubarok, membenarkan kejadian tersebut. Dia menegaskan sesuai aturan kendaraan roda dilarang masuk tol.

“Terkait pemotor memasuki tol memang tidak boleh. Sudah ada ketentuannya dalam PP Nomor 44 tahun 2009 tentang Jalan tol yang menyebut jalan tol digunakan untuk kendaraan roda empat atau lebih,” kata Riki, Selasa (22/10/2024).

BACA JUGA: Tol Jogja-Solo Tersambung hingga Purwomartani Sleman di Akhir 2024, Ini Lokasi Exit Toll-nya

Agar kejadian serupa tak terulang, Riki menjelaskan Satlantas segera berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) atau pengelola tol untuk menambah rambu atau bahan imbauan bahwa tol tidak diperuntukkan sepeda motor. “Karena tol juga belum lama beroperasi, upaya preventif, preemtif dikedepankan,” kata Riki.

Pembuat video, Yunus, 29, mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Senin siang. “Kejadian kemarin siang sekitar pukul 11.30 WIB tepatnya di gerbang tol Polanharjo. Saya sadarnya pas nge-tap e-money kok ada motor nyelonong. Saya kira ya petugas tol tapi kok tanpa APD dan lurus saja lewat samping pembatas itu,” kata Yunus.

Petugas tol kemudian berlarian keluar dari bilik dan kantor meneriaki pemotor laki-laki itu. “Setelah GT kemungkinan di 300 meter sebelum jalur ke arah Klaten dan ke arah Solo,” jelas Yunus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : espos.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sepanjang 2024 adan 75 Kasus Kekerasan pada Anak, Ini Upaya Pemkot Jogja

Jogja
| Rabu, 23 Oktober 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement