Advertisement

Jokowi Terkejut Banyak Warga Menyambutnya saat Pulang ke Solo

Tim Solopos
Senin, 21 Oktober 2024 - 06:47 WIB
Ujang Hasanudin
Jokowi Terkejut Banyak Warga Menyambutnya saat Pulang ke Solo Presiden Prabowo (kiri) menyaksikan Presiden Ke-7 RI Joko Widodo berpamitan dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) menjelang kepulangannya ke Solo dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (20/10/2024). ANTARA/Andi Firdaus - aa.

Advertisement

Harianjogja.com SOLO—Mantan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku terkejut dengan banyaknya warga yang menyambut saat ia pulang ke kampung halaman di Solo seusai purnatugas, Minggu (20/10/2024). Bahkan saking padatnya warga yang menyambut membuat perjalanan dari Bandara Adi Sumarmo ke rumahnya butuh 3,5 jam dari yang tadinya 15 menit.

Hal itu disampaikan Jokowi kepada wartawan setiba di kediamannya di Jl Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Minggu malam. Ia bersama istri, Iriana, harus menempuh perjalanan selama lebih dari 3,5 jam dari Bandara Adi Soemarmo Solo menuju Sumber.

Advertisement

"Yah, ini saya kira, mengejutkan ya, karena biasanya saya dari bandara ke rumah hanya 15 menit, ini tadi 3,5 jam lebih, hampir empat jam. Saya ingin banyak berikan ucapan terima kasih atas sambutan masyarakat yang diberikan, dukungan yang diberikan kepada saya, habis ini saya mau tidur," jelas Jokowi seperti dalam video yang diunggah akun Instagram @koransolopos, Minggu malam.

Jokowi mengatakan setelah 10 tahun atau dua periode menjalani masa jabatan sebagai Presiden RI, ingin beristirahat. "Ya saya juga capek, mau tidur. Setelah 10 tahun kerja keras untuk negara dan kini purnatugas, ya 1-2 hari lah [istirahat]," katanya.

Jokowi juga mengatakan setelah cukup beristirahat, hal pertama yang akan dia lakukan adalah menemui saudara-saudaranya, kemudian teman-teman lamanya.

BACA JUGA: Jokowi Pulang ke Solo, Siswa Sejumlah Sekolah Ini Siap Menyambut

Seperti diketahui, Jokowi beserta istri, Iriana, langsung pulang ke kampung halaman di Solo setelah menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Pelantikan itu sekaligus menandai berakhirnya masa jabatan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Jokowi dan rombongan berangkat naik pesawat kepresidenan dari Bandara Halim Perdana Kusuma.

Pesawat tersebut mendarat di Bandara Adi Soemarmo Solo sekitar pukul 16.00 WIB. Setelah transit sejenak, Jokowi dan Iriana naik mobil terbuka menuju kediaman di Sumber, Banjarsari, Solo. Sepanjang perjalanan, Jokowi terus berdiri dan menyapa warga yang menyemut di sepanjang jalan yang dilalui.

Ia juga membagi-bagikan kaus kepada warga serta berhenti sejenak di beberapa tempat yang ada pertunjukan hiburan tari. Rombongan Jokowi baru tiba di kediaman, Sumber, Banjarsari, Solo, sekitar pukul 19.23 WIB atau sekitar 3,5 jam perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : espos.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Realisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Gunungkidul Baru Mencapai 23%

Gunungkidul
| Selasa, 22 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement