Advertisement

Lewat Tol Jogja Solo, Jarak Tempuh Kartasura-Klaten Hanya 15 Menit

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 20 September 2024 - 08:10 WIB
Abdul Hamied Razak
Lewat Tol Jogja Solo, Jarak Tempuh Kartasura-Klaten Hanya 15 Menit Ruas Jalan Tol Jogja Solo segmen Kartasura Klaten.ist

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI–Jika melewati Tol Jogja Solo, maka jarak tempuh dari Kartasura GT Banyudono ke Klaten dipangkas habis hanya 15 menit saja. Hal itu berbeda saat kendaraan melewati jalur utama Klaten Solo yang menghabiskan waktu sekitar 30-40 menit.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan peresmian Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo (Jogja-Solo) seksi 1 Kartasura-Klaten yang dioperasikan oleh anak usaha Jasa Marga, PT JMJ, akan meningkatkan konektivitas antara Jogja dan Jawa Tengah sekaligus berperan penting dalam menumbuhkan perekonomian sekitar.

Advertisement

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) seksi 1 Kartasura-Klaten ini, katanya, dapat mempercepat perjalanan dari Yogyakarta menuju Klaten begitu pula sebaliknya. Jalan tol tersebut akan mempermudah konektivitas akses ke berbagai wilayah antar kota besar di Jawa, sekaligus mengatasi permasalahan lalu lintas yang sering terjadi di jalur nasional.

"Jalan tol ini akan mendukung jalur wisata bagi masyarakat yang akan berpergian dari Solo ke Jogja maupun sebaliknya, dan juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sepanjang koridor tol," terang Subakti di sela peresmian Jalan Tol Jogja Solo, Kamis (19/9/2024).

BACA JUGA: Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten, Jokowi: Baru Menghabiskan Dana Rp5,6 Triliun

Sementara itu, Direktur PT JMJ Rudy Hardiansyah menjelaskan secara keseluruhan, Jalan Tol Jogja-Solo sepanjang 96,57 Km terbagi menjadi tiga tahap pembangunan. Tahap I yang menghubungkan Kartasura-Maguwoharo dan Trihanggo-Junction Sleman sepanjang 49,25 Km, Tahap II menghubungkan Junction Sleman-YIA Kulon Progo sepanjang 38,57 Km dan Tahap III menghubungkan Maguwoharjo-Trihanggo sepanjang 8,75 Km.

“Akses masuk Jalan Tol Jogja-Solo dari jalan nasional dapat diakses melalui akses GT Banyudono. Jalan tol ini juga menjadi solusi bagi kepadatan lalu lintas di jalur nasional, seperti di Tugu Kartasura, Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta. Dengan melewati jalan tol ini, waktu tempuh dari Klaten ke GT Banyudono bisa dipangkas menjadi hanya 15 menit,” tutur Rudy

Rudy juga menjelaskan bahwa Jalan Tol Jogja-Solo Seksi 1 Kartasura - Solo akan dioperasikan tanpa tarif, mulai Jumat 20 September 2024 pukul 00.00 WIB, pengguna jalan tidak akan dikenakan tarif (nol rupiah).

Sebagai simulasi pengguna jalan yang melakukan perjalanan menerus dari arah Barat dan Timur Jalan Tol Trans Jawa menuju Klaten yang keluar melalui GT Banyudono, GT Polanharjo dan GT Klaten dan sebaliknya maka akan tetap dikenakan tarif Jalan Tol Trans Jawa.

“Untuk masyarakat yang masuk melalui GT Banyudono menuju GT Polanharjo dan GT Klaten dan sebaliknya pengguna jalan tidak dikenakan tarif (nol rupiah). Kami mengingatkan agar pengguna jalan tetap menyiapkan uang elektronik sebelum memasuki gerbang tol," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Amankan Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Bantul, Polres Terjunkan 150 Personel Pengamanan

Bantul
| Jum'at, 20 September 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement