Advertisement

Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten, Jokowi: Baru Menghabiskan Dana Rp5,6 Triliun

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 20 September 2024 - 07:50 WIB
Abdul Hamied Razak
Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten, Jokowi: Baru Menghabiskan Dana Rp5,6 Triliun Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo (Jogja-Solo) Seksi 1 Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 Km di Gerbang Tol (GT) Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, pada Kamis (19/9 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI—Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo (Jogja-Solo) Seksi 1 Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 Km di Gerbang Tol (GT) Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, pada Kamis (19/9/2024).

Rangkaian ruas jalan tol tersebut dioperasikan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) selaku anak perusahaan dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Advertisement

BACA JUGA: Total Uang Ganti Kerugian Pengadaan Tanah Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 3 di Tirtoadi Mencapai Rp219 Miliar, Tertinggi Saat Ini!

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo (Jogja-Solo) seksi 1 Kartasura-Klaten yang memiliki panjang 22,3 Km ini menghabiskan anggaran biaya sebesar Rp5,6 triliun.

Jokowi menyebut pembangunan jalan tol yang dimulai sejak 2021 dan selesai pada 2024 ini merupakan bagian penting dari upaya pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi baru, meningkatkan efisiensi sistem waktu dan logistik, serta daya saing daerah.

“Kalau kita lihat sebelumnya saat saya kuliah (untuk menuju) Jogja dari Solo naik sepeda motor (waktu tempuhnya) 50 menit, namun saat ini untuk kendaraan mobil bisa 3 jam bahkan pernah 4 jam," ujar Jokowi.

"Inilah fakta di lapangan padahal kita membutuhkan kecepatan, ketepatan waktu yang tidak bisa ditawar lagi untuk mengifisiensikan waktu tempuh dari Solo menuju ke Jogja," tambah Jokowi.

"Mungkin nantinya ketika jalan tol ini beroperasi penuh, maka waktu tempuh hanya 30-50 menit dari Solo ke Jogja. Sehingga bisa mengurangi jalan nasional yang sudah ada yang sangat ramai dan crowded sekali," harap Jokowi.

Hadir dalam peresmian tersebut, yakni, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan.

Turut hadir pula Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan, Komisaris Jasa Marga M. Roskanedi, Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Entus Asnawi Mukhson serta Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah beserta jajarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Syarat dan Proses Mengurus Mutasi Keluar Kendaraan Bermotor di Jogja

Jogja
| Jum'at, 20 September 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement