Advertisement

Viral Pemuda Bawa Motor ke Puncak Pendakian Bukit Mongkrang Kawasan Gunung Lawu

Indah Septiyaning Wardani 
Rabu, 14 Agustus 2024 - 10:37 WIB
Sunartono
Viral Pemuda Bawa Motor ke Puncak Pendakian Bukit Mongkrang Kawasan Gunung Lawu Video aksi pemuda naik sepeda motor di Puncak Bukit Mongkrang Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, KabupatenKaranganyar, Jawa Tengah, viral di media sosial. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, KARANGANYAR—Video aksi pemuda naik sepeda motor di Puncak Bukit Mongkrang Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, viral di media sosial.

Dalam video yang beredar memperlihatkan sejumlah sepeda motor berada di Puncak Bukit Mongkrang dengan ketinggian 2.194 MDPL. Belum diketahui kapan aksi ini terjadi. Video tersebut baru diunggah salah satu akun medsos dua hari lalu.

Advertisement

Bukit Mongkrang menjadi salah satu lokasi pendaki di kawasan lereng Gunung Lawu. Jalur pendakian Mongkrang relatif lebih aman bagi para pemula karena waktu tempuh hanya dua jam.

Asisten Perhutani BKPH Lawu Utara Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Solo, Sartono, membenarkan video sepeda motor berada di Puncak Bukit Mongkrang Tawangmangu. Dia mengaku baru mengetahui setelah menerima laporan kejadian tersebut.

“Saya sudah berkoordinasi dengan pengelola Jalur Pendakian Bukit Mongkrang. Itu memang benar kejadian di sana. Kapan waktu kejadiannya belum tahu, tapi video saya terima kemarin,” katanya dilansir Solopos, Selasa (13/8/2024).

Sartono mengatakan diketahui bahwa para pelaku yang melakukan aksi nekat menggunakan sepeda motor ke Puncak Bukit Mongkrang bukan melewati Karanganyar.  Mereka naik mengendarai motor melalui kawasan pendakian Magetan, Jawa Timur.

“Jadi naiknya dari Magetan kemudian masuk hutan yang masuk wilayah Karanganyar,” katanya.

Menurutnya aksi nekat para pengendara motor tersebut sangat mengejutkan berbagai pihak, terutama pemangku wilayah setempat. Sebab sesuai aturan sepeda motor tidak diperbolehkan masuk ke jalur pendakian Bukit Mongkrang. Atas kejadian ini, pihaknya berencana bertemu dengan Asper Lawu Selatan untuk berkoordinasi terkait permasalahan tersebut.

“Kami sudah koordinasi baru by phone, untuk sementara menutup jalur dari arah Magetan ke Bukit Mongkrang. Kami juga pasang banner intinya larangan motor masuk di pendakian Bukit Mongkrang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Realisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Gunungkidul Baru Mencapai 23%

Gunungkidul
| Selasa, 22 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement