Advertisement

Tak Jadi Bandara Internasional, Adi Soemarmo Solo Tetap Layani Penerbangan Umrah

Bayu Jatmiko Adi 
Sabtu, 03 Agustus 2024 - 17:17 WIB
Sunartono
Tak Jadi Bandara Internasional,  Adi Soemarmo Solo Tetap Layani Penerbangan Umrah Ilustrasi penerbangan - Alamy

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Bandara Adi Soemarmo setelah berubah status tak lagi menjadi Bandara Internasional. Namun ternyata pada Sabtu (3/8/2024), penerbangan umrah kembali dilakukan di bandara tersebut. Bandara Adi Soemarmo tetap dipercaya untuk melayani penerbangan umrah langsung dari Solo menuju Jeddah maupun Madinah meski tidak lagi berstatus sebagai Bandara Internasional.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 31 Tahun 2024 tentang Penetapan Bandara Internasional dan Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 33 Tahun 2024 tentang Tatanan Bandara Nasional, Bandara Adi Soemarmo yang berlokasi di Ngemplak, Boyolali, tidak lagi berstatus Bandara Internasional.

Advertisement

BACA JUGA : YIA Satu-satunya Bandara Internasional di DIY-Jateng, Ini Jadwal Penerbangan Mancanegaranya

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin, mengatakan setelah menyelesaikan pelayanan penerbangan haji 1445 H/2024, pihaknya kembali melayani operasional penerbangan umrah langsung dari Bandara Adi Soemarmo.

“Dari sisi fasilitas dan infrastruktur Bandara Adi Soemarmo sangat siap melayani penerbangan dengan rute internasional. Kami menyambut baik para maskapai yang akan melakukan penerbangan umrah langsung dari Solo, dan syukur Alhamdulillah hari ini telah kembali dimulai oleh Maskapai Lion Air yang melakukan penerbangan dari Solo menuju Jeddah,” jelas Erick dilansir Solopos, Sabtu (3/8/2024).

Penerbangan umrah menuju Jeddah kembali beroperasi mulai tanggal 3 Agustus 2024 menggunakan pesawat Lion Air type A330 nomor penerbangan JT116 yang terbang pada pukul 09.45 WIB.

Erick optimistis penerbangan umrah langsung dari Solo tentunya juga ditunggu oleh masyarakat. Sebab penerbangan tanpa transit menuju Jeddah maupun Madinah dapat menghemat waktu dan biaya.

Keberangkatan jemaah umrah akan melewati Terminal Keberangkatan Domestik kemudian menuju Gate Internasional. Sedangkan untuk para pengantar akan disediakan tempat di area parkir kendaraan roda dua, sehingga tidak menganggu kenyamanan penumpang yang berada di lobi keberangkatan.

BACA JUGA : Sultan Minta Lalu Lintas Penerbangan Bandara YIA Ditambah, Ini Alasannya

Terkait hal itu, pemilik biro travel Mubarak Solo, Muhammad Rofiq, menyambut positif dibukanya kembali penerbangan umrah langsung dari Solo menuju Jeddah. Dia menyampaikan program umrsh biro travel miliknya yang terbang dari Solo langsung Jeddah telah penuh dari bulan Agustus hingga Desember tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Solo-Jogja Rabu 18 September 2024, Berangkat dari Palur Lewat Jebres, Stasiun Balapan, Purwosari

Jogja
| Rabu, 18 September 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement