Advertisement

Jokowi Puji Pembangunan Pasar Jongke Solo: Mal Saja Kalah

Ahmad Kurnia Sidik 
Sabtu, 27 Juli 2024 - 12:17 WIB
Sunartono
Jokowi Puji Pembangunan Pasar Jongke Solo: Mal Saja Kalah Ribuan warga Solo berebut bingkisan dan berfoto bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) diPasar Jongke, Solo. Presiden ketujuh Indonesia itu menyambangi Pasar Jongke dalam rangka untuk meresmikannya, Sabtu (27/7/2024) pagi. - Solopos/Ahmad Kurnia Sidik.

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Ribuan warga Solo berebut bingkisan dan berfoto bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pasar Jongke, Solo. Presiden ketujuh Indonesia itu menyambangi Pasar Jongke dalam rangka untuk meresmikannya, Sabtu (27/7/2024) pagi.

Berdasarkan pantauan JIBI/Solopos di lokasi, setidaknya sekitar pukul 06.30 WIB, warga sudah tampak berdiri di pinggiran Jl Dokter Radjiman yang tepat berada di depan pasar yang berdiri di tanah seluar lebih kurang 1,8 hektare itu.

Advertisement

Presiden Jokowi yang pagi itu didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, serta Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana tampak tiba di lokasi sekitar pukul 07.30 WIB. Presiden dan rombongannya itu langsung masuk ke Pasar Jongke untuk menilik serta bersapa ria dengan pedagang di dalamnya.

BACA JUGA : Jokowi Resmikan Pasar Jongke, Ikon Baru di Solo

Selama berada di dalam pasar, terdengar riuh teriakan dan tepuk tangan dari para pedagang dan warga yang berada di dalam pasar. Ada yang meminta bingkisan berupa pakaian, yang diikuti dengan penampakan bingkisan-bingkisan yang terlempar dari lantai 1 ke lantai 2. Serta ada pula yang meminta berfoto bersama Presiden Jokowi.

Saat Presiden Jokowi berada di dalam Pasar Jongke para warga yang berada di luar, tepatnya di pinggiran jalan terdengar berteriak-teriak meminta bagian yang sama. “Pak Jokowi, saya pengin foto bareng, Pak,” teriak seorang ibu yang berada di luar.

Presiden Jokowi lantas meresmikan Pasar Jongke sekitar pukul 08.15 WIB dengan ditandai oleh pemencetan tombol sirene dan penandatanganan prasasti Pasar Jongke.

“Ada yang pernah ke Pasar Jongke sebelumnya? Menurut saya, mal saja kalah [megah],” kata Presiden Jokowi saat meresmikan Pasar Jongke.

Setelah acara peresmian selesai digelar, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi gantian menyapa warga yang berada di luar Pasar Jongke. Tampak warga yang ingin berebut berfoto bersama sedikit merepotkan Paspampres.

Ibu Iriana Jokowi yang tampak berjalan terpisah dari Presiden Jokowi menghampiri warga yang sedari pagi menunggu kedatangan mereka di pinggiran jalan. Warga begitu antusias dengan sambutan dari Ibu Negara itu dan beberapa tampak histeris ketika diajak berfoto bersama.

Presiden Jokowi dan rombongan tampak meninggalkan lokasi sekitar pukul 08.40 WIB. Saat berada di dalam mobil, Presiden pun masih tetap melempar dan membagikan bingkisan kepada warga yang telah berkerumun di sekitarnya.

BACA JUGA : Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid Jadi Pasangan Suami Istri, Presiden Jokowi Jadi Saksi Akad Nikah

Sementara itu, setelah peresmian digelar, salah satu pedagang yang sebelumnya berjualan di Pasar Kabangan, Sri Suwartini, menyampaikan terima kasih atas pembangunan pasar baru yang megah itu sekaligus bisa bergabung bersama para pedagang Pasar Jongke.

“Harus [optimis] di mana pun rezeki pasti ada. Yang penting berusaha dan berdoa bersama-sama,” kata Cici, sapaan akrabnya saat ditanya wartawan terkait potensi penjualannya di Pasar Jongke.

Sementara, pedagang drum dan gentong itu saat ditanya perasaan awalnya saat diminta untuk pindah ke lokasi pasar baru, ia menjawab bahwa mulanya sangat berat hati sebab telah berjualan di Pasar Kabangan sekitar 40 tahun lamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top Ten News Harianjogja.com, Minggu 8 September 2024: Wisata Jogja, Klitih Bawa Pistol Mainan, Hasil PON 2024

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement