Advertisement

Baru Sehari Dibuka, Tanaman di Balekambang Rusak, Wali Kota Solo: Tak Masalah!

Wahyu Prakoso
Jum'at, 26 Juli 2024 - 15:27 WIB
Arief Junianto
Baru Sehari Dibuka, Tanaman di Balekambang Rusak, Wali Kota Solo: Tak Masalah! Tangkapan layar Instagram Story balekambangsolo. - Solopos.com/Instagram

Advertisement

Harianjgogja.com, SOLO–Sejumlah tanaman di Taman Balekambang, Kecamatan Banjarsari, Solo, rusak/ambruk setelah area wisata itu dibuka untuk umum kali pertama, Kamis (26/7/2024).

Kondisi tanaman di Taman Balekambang itu diunggah melalui Instagram Stories @balekambangsolo, Kamis (25/7/2024) sore.

Advertisement

Di unggahan itu tampak beberapa tanaman yang ditanam di dekat jalur pejalan kaki ambruk.

Hanya saja @balekambangsolo tidak menjelaskan penyebab ambruknya tanaman di Taman Balekambang.

Pengguna akun Instagram tersebut meminta semua pihak untuk bersama menjaga yang telah diresmikan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin.

Mbog tolong mbog tolong mbog tolong ayok kita jaga sama sama ya sayang sayangku bapak ibu anake yo dikandani nggih,” tulis @balekambangsolo.

Adapun Taman Balekambang dibuka gratis Kamis pukul 12.00 WIB. Ribuan orang datang untuk menyaksikan wajah baru taman yang direvitalisasi sejak Agustus 2022 tersebut.

Wali Kota Solo, Teguh Prakosa mengaku tidak mempermasalahkan tanaman yang rusak seusai pembukaan perdana Taman Balekambang. “Itu risiko, lebih baik rusak dipakai daripada rusak tidak diapa-apakan,” jelas Teguh ditemui di SDN Tugu, Solo, Jumat pagi.

Sebelumnya, Perencana Kawasan Taman Balekambang, Satrio Nugroho alias Nuci, menjelaskan beban perawatan Taman Belkambang menjadi PR Pemkot Solo. “Beban listriknya saja cukup gede, sekitar Rp200 juta per bulan kalau semua aktivitas diaktifkan,” kata dia ditemui wartawan sesuai peresmian Taman Balekambang, Kamis (25/7/2024).

Dia mengatakan Pemkot Solo sengaja membatasi kunjungan untuk memastikan kawasan Taman Belakambang tetap terjaga. Semakin banyak orang berkumpul tidak terkendali menimbulkan masalah bagi taman.

“Menggelar tikar ada tempatnya, bukan sembarangan tempat. Rumput yang ditutup tikar akan mati. Makanya kami bikin koridor luas untuk gelar tikar bisa kongkow. Kami juga memperbaiki atrium untuk menyediakan minum dan lain-lain,” papar dia.

BACA JUGA: Taman Balekambang Solo Resmi Dibuka Kamis 25 Juli 2024, Segini Tarif Masuk dan Jam Operasionalnya

Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin mengatakan Pemkot Solo harus menjaga dan merawat Taman Balekambang. Kebersihan, keamanan, dan kenyamanan harus menjadi perhatian semua pemangku kepentingan termasuk masyarakat.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat taman ini. Mari dijaga kebersihan-kebersihannya, rawat fasilitasnya, dan gunakan taman ini dengan bijak agar keindahan dan kelestariannya dapat dirasakan oleh generasi mendatang,” ungkap dia.

Selain itu, kata Wapres, keberadaan taman harus memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat sebagai pusat edukasi lingkungan, meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan, dan merawat tanaman yang ada di sekitarnya.

Menurut dia, Taman Balekambang juga bisa menjadi pusat kegiatan sosial dan olahraga. Pengelola harus melibatkan UMKM supaya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement