Advertisement

Cek, Harga Tanah dan Rumah di Colomadu Karanganyar

Galih Aprilia Wibowo
Senin, 22 Juli 2024 - 07:17 WIB
Sunartono
Cek, Harga Tanah dan Rumah di Colomadu Karanganyar Perumahan - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Kawasan Colomadu, Karanganyar diprediksi semakin prospektif bagi industri properti. Harga tanah di wilayah tersebut rata-rata dipatok seharga Rp3 juta per meter persegi.

Ketua Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) DPC 4 Soloraya, Sigid Sugiharjo menyebut dengan harga lahan yang makin meroket, para pengembang paling tidak mematok harga rumah minimal Rp750 juta ke atas. Namun hal ini tergantung dari luas tanah dan bangunan yang ditawarkan.

Advertisement

BACA JUGA : Kediaman Jokowi di Karanganyar Mulai Dibangun, Harga Tanah di Sekitarnya Melonjak

“Perkiraan harga lahan mentah di Colomadu berkisar Rp3 juta ke atas,” terang Sigid dilansir JIBI/Solopos, pada Minggu (21/7/2024).

Walaupun harga tanah di sana relatif mahal, menurut Sigid wilayah Colomadu masih sangat prospektif bagi industri properti. Apalagi kini rumah pensiun bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga segera dibangun. Ada beberapa lokasi tanah di Colomadu yang tengah dijual.

“Hanya saja harga tanah yang sudah mahal, jadi potensi industri properti mengarah ke segmen komersial, menengah ke atas,” katanya.

Berdasarkan situs properti, rumah123.com, terdapat tanah seluas 102 meter persegi dekat dengan Kota Solo yang dijual seharga Rp3,2 juta per meter persegi. Ada juga tanah berjarak 300 meter dari Jl. Adi Sucipto seluas 104 meter persegi yang dijual senilai Rp3,7 juta per meter persegi.

Tanah strategis yang membutuhkan waktu tempuh 10 menit ke Bandara Adi Soemarmo seluas 4.938 meter persegi dijual seharga Rp70 miliar. Sementara itu, tanah seluas 86 meter persegi di belakang De Tjolomadoe dibanderol dengan harga Rp3,5 juta per meter persegi.

Sementara itu, saat ini di kawasan Colomadu nihil terdapat rumah subsidi. Dilansir dari laman sikumbang.tapera.go.id, ada beberapa rumah komersial yang ditawarkan.

BACA JUGA : Nilai Tanah di Bantul: Ini Kawasan yang Nilainya Tertinggi dan Terendah

Berikut daftar lokasi rumah komersil di Colomadu, Karanganyar:

Royale Palem Hijau

Di perumahan ini terdapat satu unit komersial, dengan tipe rumah A21 seharga Rp950 juta dengan luas bangunan 97 meter persegi dan luas lahan 180 meter pesegi.

Perumahan Pertama Village Syailendra

Di perumahan ini terdapat 26 unit komersial, dengan tipe rumah syailendra seharga Rp1,5 miliar dengan luas bangunan 115 meter persegi dan luas lahan 140 meter pesegi. Ada juga rumah tipe prabu seharga Rp1,5 miliar dengan luas bangunan sebesar 150 meter persegi dan luas tanah 230 meter persegi.

Perumahan Pesona Asri

Di perumahan ini terdapat 59 unit komersial, dengan tipe rumah 40 D seharga Rp220 juta dengan luas bangunan 40 meter persegi dan luas lahan 84 meter pesegi. Ada juga rumah seharga Rp230 juta dengan luas bangunan sebesar 48 meter persegi dan luas tanah 84 meter persegi.

Perumahan Fajar Indah Pertama I

Di perumahan ini terdapat 4 unit komersial, dengan tipe rumah 105/21 seharga Rp1,1 miliar dengan luas bangunan 105 meter persegi dan luas lahan 174 meter pesegi. Ada juga rumah tipe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemda DIY Pastikan Dampingi Pedagang Teras Malioboro Kembangkan Usahanya

Jogja
| Sabtu, 07 September 2024, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kuliner: Daftar Kedai Burger Lokal di Jogja

Wisata
| Senin, 02 September 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement