Advertisement

Malam 1 Sura: 7 Kerbau Bule dan Pusaka Akan Dikirab di Kraton Solo

Candra Septian Bantara 
Jum'at, 05 Juli 2024 - 09:27 WIB
Sunartono
Malam 1 Sura: 7 Kerbau Bule dan Pusaka Akan Dikirab di Kraton Solo Abdi dalem membawa jodang berisi tumpeng saat Kirab Malam Selikuran dengan berjalan dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menuju Kupel Segaran Taman Sriwedari, Solo, Minggu (31/3/2024) malam. - Solopos/Joseph Howi Widodo.

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Kraton Solo) akan menggelar tradisi rutin Kirab Pusaka menyambut malam 1 Sura pada Minggu (7/7/2024) malam pukul 23.59 WIB.

Sebanyak tujuh pusaka dan enam kerbau bule keturunan Kiai Slamet dipersiapkan Kraton Solo untuk dibawa kirab. Panitia Kirab Pusaka Keraton Solo, Kanjeng Pangeran (K.P.) Eddy S Wirabhumi telah melakukan koordinasi dengan lintas sektor guna memperlancar jalannya acara kirab.

Advertisement

Ia berharap acara kirab bisa berjalan khidmat, sejuk, dan dingin. Hingga Kamis (4/7/2024), jumlah pusaka yang keluar atau dibawa kirab masih belum bisa dipastikan. Sebagai gambaran saja, kata dia, tahun lalu ada tujuh pusaka yang dibawa saat prosesi kirab.

“Pusaka yang keluar berapa belum bisa terkonfirmasi. Tahun lalu ada tujuh pusaka, tahun ini insya allah bisa tujuh juga,” kata dia saat sesi konferensi pers di Kayu Manis Coffe and Steak, Banjarsari, Kamis (4/7/2024).

Menurutnya jumlah kerbau bule keturunan Kiai Slamet yang bakal ikut kirab jumlahnya juga belum bisa dipastikan. Namun pihaknya dalam beberapa hari terakhir sudah melatih kerbau-kerbau bule untuk berjalan keliling Baluwarti.

“Untuk kerbau beberapa hari terakhir tengah melatih kerbau untuk berjalan. Jumlahnya ada sekitar 11 ekor. Mengingat kerbau-kerbau itu sudah hampir 5 bulanan tidak keluar kandang lantaran adanya renovasi di keraton (Alun-alun kidul) sehingga perlu dibiasakan,” katanya

Berdasarkan akun Instagram resmi Keraton Solo @kraton_solo, Kamis Kamis (4/7/2024) petang, tampak terdapat 6 kerbau yang mengikuti prosesi Gladhi Mahesa di wilayah kraton.

Sebanyak lima kerbau dewasa dan satu kerbau muda dipandu dan digiring oleh Abdi Dalem Srati dari Alun-alun Kidul mengelilingi Baluwarti. Terkait panjang rute yang ditempuh, menurut dia, berkisar 8 kilometer.

Dimulai dari Keraton Surakarta – ke utara melalui supit urang – Jl. Pakoe Boewono (gapuro Gladag) – ke utara menuju Jl. Jenderal Sudirman – ketimur melalui Jl Mayor Kusmanto – ke selatan mrlalui Jl. Kapt Mulyadi – ke barat melalui Jl. Veteran – ke utara melalui Jl. Yos Sudarso – ke timur melalui Jl. Slamet Riyadi – ke selatan melalui Jl. Pakoe Boewono – Kembali ke keraton Surakarta Hadiningrat.

Dia menyebut untuk abdi dalem keraton yang terlibat dalam kirab esok diperkirakan mencapai 2.000 orang. Dan dirinya belum bisa memastikan tamu negara atau bahkan artis yang bakal bergabung pada kirab malam 1 Sura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harian Jogja Online, Sabtu 20 Juli 2024, Sampah Bantul, Teras Malioboro 2, Bantul Creative Expo hingga Konser Musik TBY

Jogja
| Sabtu, 20 Juli 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement