Advertisement

Pilkada Klaten 2024, Bakal Calon dari PDIP Jalani Fit and Proper Test

Taufiq Sidik Prakoso
Rabu, 03 Juli 2024 - 20:47 WIB
Maya Herawati
Pilkada Klaten 2024, Bakal Calon dari PDIP Jalani Fit and Proper Test Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Sebanyak empat bakal calon bupati (cabup) dan satu bakal calon wakil bupati (cawabup) yang mendaftar ke PDIP Klaten untuk Pilkada 2024 mengikuti fit and proper test.

Ketua DPC PDIP Klaten, Sri Mulyani, menjelaskan dari lima bakal calon yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPD PDIP Jawa Tengah pekan lalu, empat orang merupakan kader internal PDIP. Kader internal meliputi Aris Prabowo (Wakil Ketua DPC PDIP Klaten), Hamenang Wajar Ismoyo (Wakil Ketua DPC PDIP Klaten) dan Aris Widiharto (Wakil Ketua DPC PDIP Klaten) yang mendaftar sebagai bakal cabup. Satu kader internal lainnya yakni Dwi Purwanto (dari PAC PDIP Klaten Tengah) mendaftar sebagai bakal cawabup.

Advertisement

Sementara satu orang dari eksternal PDIP yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, yang mendaftar sebagai bakal cabup.

“Setelah ini dari fit and proper test dan hasil survei akan dilaporkan ke DPP. Nanti akan digodok dan diturunkan rekomendasi,” kata Sri Mulyani, Rabu (3/7/2024).

Sri Mulyani menjelaskan kewenangan untuk mengeluarkan rekomendasi sepenuhnya berada di DPP PDIP. Soal apakah yang bakal mendapatkan rekomendasi itu adalah mereka sudah mengikuti fit and proper test, dia menjelaskan bisa iya dan bisa tidak. “Semua berada di kewenangan DPP,” ungkap dia.

BACA JUGA: ORI DIY Temukan Indikasi Fraud pada Pelaksanaan PPDB 2024

Jajang Prihono membenarkan pekan lalu mengikuti fit and proper test sebagai cabup Pilkada Klaten 2024 di DPD PDIP Jateng, Semarang, Jumat (28/6/2024). “Iya, kemarin dari beberapa calon ada kegiatan fit and proper test untuk melihat sejauh mana kapasitas, kapabilitas, elektabilitas untuk mendalami masing-masing calon termasuk komitmennya untuk masyarakat,” kata Jajang.

Jajang mengikuti fit and proper test sekitar satu jam. Pertanyaan yang dilontarkan kepadanya seputar komitmen kepada masyarakat termasuk menyinggung terkait kemiskinan dan stunting.

Disinggung persiapannya, Jajang mengatakan tidak ada persiapan khusus yang dia lakukan. “Saya mengalir saja, fokus pekerjaan di birokrasi saja. Kalau itu tahapannya ikuti saja, saya mengalir saja,” jelas Jajang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Akhir Pekan Ini Bisa Jalan-jalan Naik Trans Jogja, Cek Jalurnya di Sini

Jogja
| Sabtu, 20 Juli 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement