Advertisement

Mudik Lebaran 2024, Polres Klaten Siapkan 7 Pos di Tol Jogja-Solo

Taufiq Sidik Prakoso
Selasa, 02 April 2024 - 23:37 WIB
Maya Herawati
Mudik Lebaran 2024, Polres Klaten Siapkan 7 Pos di Tol Jogja-Solo Kendaraan melintasi jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta di Klaten, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2024). PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) akan membuka jalan tol fungsional Solo-Jogja sepanjang 22 km dari GT Colomadu atau GT Banyudono hingga keluar GT Ngawen, Klaten pada 5-15 April 2024 untuk mendukung kelancaran arus mudik libur Lebaran 2024. - Antara/Aloysius Jarot Nugroho - Spt.

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Polres Klaten menyiapkan sekitar tujuh pos pengamanan di lokasi vital hingga titik keluar Tol Jogja-Solo (Joglo) yang dibuka fungsional selama libur Lebaran 2024.

Pos keamanan dibuka sebagai bagian dari Operasi Ketupat Candi untuk pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024 yang bakal digelar selama 13 hari mulai 4 April 2024.

Advertisement

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Riki Fahmi Mubarok, menjelaskan Operasi Ketupat Candi bukan hanya operasi kepolisian. “Operasi Ketupat Candi menyangkut kemanusiaan. Oleh karena itu untuk kelancaran pelaksanaan operasi, butuh keterlibatan dari berbagai stakeholder,” kata Kasatlantas, Selasa (2/4).

Kasatlantas menjelaskan ada tujuh pos yang disiapkan yakni Pos Perbatasan di Prambanan, Pos Terpadu di Alun-alun Klaten, Pos Pengamanan di Karang, Delanggu, serta Jatinom dan Pos Strong Point di dua pintu tol yakni Kuncen dan Ngawen.

Kasatlantas menjelaskan secara umum, jalur tol fungsional untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024 sudah siap dilintasi dengan batasan kecepatan tertentu. Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi meminta agar pada beberapa lokasi perpindahan jalur disiapkan petugas.

Hal itu disampaikan Kapolda saat mengecek tol fungsional Joglo, Senin (1/4/2024). “Instruksi Pak Kapolda ada jalur yang A-B kami kasih personel di dalam tol untuk jalur perlambatan,” kata Kasatlantas.

BACA JUGA: Hitung Kendaraan Menjelang Arus Mudik Lebaran, Polda DIY Pasang Puluhan CCTV

Kabagops Polres Klaten, Kompol M Aslam, menjelaskan jumlah total personel yang terlibat selama Operasi Ketupat Candi 2024 sekitar 491 orang. Personel yang terlibat terdiri dari berbagai unsur seperti kepolisian, TNI, dinas perhubungan, hingga petugas kesehatan. Operasi Ketupat Candi 2024 digelar pada 4-16 April 2024.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan mulai 4 April hingga 16 April 2024, petugas kesehatan bakal diterjunkan dalam pelayanan kesehatan terpadu di tujuh pospam kepolisian. Hal tersebut disampaikan Bupati saat apel puluhan sopir atau driver beserta ambulans di halaman Pendopo Pemkab Klaten, Selasa. Kegiatan itu digelar untuk memastikan armada ambulans siap dioperasikan saat memasuki masa mudik dan balik Lebaran. “Untuk ambulans yang disiapkan ada 64 ambulans,” kata Mulyani.

Mulyani mengatakan apel ambulans digelar untuk memastikan siap dioperasikan saat arus mudik dan balik Lebaran di Klaten. Selain itu juga menjamin kendaraan layak pakai serta peralatannya lengkap.

Dia mengingatkan agar ambulans membawa peralatan yang lengkap. “Pastikan betul, cek kelengkapannya, pastikan kondisi mobil sehat, layak, atau tidak. Saat ada kegawatdaruratan bisa segera dioperasikan,” kata Mulyani.

Dia juga mengingatkan para driver ambulans agar selalu siaga hingga ambulans bisa dioperasikan 24 jam setiap hari. Hal itu berkaca pada dua insiden di Puskesmas berkaitan pelayanan ambulans.

“Driver ambulans pastikan ada atau tidak. Ini sangat penting. Beberapa kali kasus ambulans, driver tidak ada. Pernah dua kali viral dan ini menjadi evaluasi bersama,” kata Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau ke Jogja Naik Bus Damri dari Bandara YIA? Ini Jadwal dan Tarifnya

Jogja
| Minggu, 21 April 2024, 05:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement