Advertisement

Kasus DBD Melonjak, Ini Langkah yang Dilakukan Pemkab Sukoharjo

Newswire
Sabtu, 23 Maret 2024 - 21:07 WIB
Maya Herawati
Kasus DBD Melonjak, Ini Langkah yang Dilakukan Pemkab Sukoharjo Nyamuk penyebab Demam Berdarah Dengue - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SUKOHARJO—Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Sukoharjo, Jawa Tengah melonjak. Pemkab Sukoharjo menyiapkan beberapa langkah penanganan.

Direktur RSUD Ir Soekarno Yunia Wahdiyati di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah Sabtu mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan yakni menambah kapasitas tepat tidur di ruangan rawat inap.

Advertisement

"Kami menambah kapasitas dengan menarik tempat tidur dari ruangan yang saat ini sedang direnovasi," katanya, Sabtu (23/3/2024).

Selain itu, pihaknya juga memastikan ketersediaan peralatan yang dibutuhkan untuk penerimaan pasien di instalasi gawat darurat (IGD). "Kami menarik strecher atau brankar dari bangsal dan rawat jalan untuk ditambah di IGD," katanya.

Pihaknya juga menyiapkan obat-obatan dan bahan medis habis pakai serta perbekalan kesehatan.

"Ini menyesuaikan kebutuhan pasien," katanya.

BACA JUGA: Gempa di Laut Jawa, Badan Geologi: Diperkirakan Akibat Sesar Tua Aktif Lagi

Sementara itu, dikatakannya, sejak awal bulan Maret hingga saat ini pasien dengan kasus DBD yang ditangani oleh RSUD Ir Soekarno mencapai 88 kasus. Dari total kasus yang ada, satu di antaranya meninggal dunia.

Menurut dia, kebanyakan pasien yang datang dengan kondisi demam, nyeri perut, mual, muntah, nyeri kepala. Beberapa di antaranya juga mengalami batuk dan sesak napas.

"Satu kasus meninggal ini pasien dengan usia delapan tahun. Datang dengan demam dan dari pemeriksaan laboratorium ada penurunan trombosit. Tetapi tidak ada tanda perdarahan, sehingga belum bisa dimasukkan sebagai DBD," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca: DIY Diguyur Hujan Hari Ini Minggu 21 April 2024

Jogja
| Minggu, 21 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement