Advertisement

Tol Jogja-Solo Dioperasikan saat Mudik Lebaran 2024, Disiapkan Pos Pemantauan

Bayu Jatmiko Adi 
Rabu, 20 Maret 2024 - 13:27 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo Dioperasikan saat Mudik Lebaran 2024, Disiapkan Pos Pemantauan Sejumlah pekerja melakukan persiapan pada jalur fungsional Tol Solo-Jogja di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023). Jalur fungsional Tol Solo-Jogja dibuka pada Jumat (22/12/2023) pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk kendaraan golongan I saat arus mudik Natal 2023. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho - nz.

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI—Tol Jogja-Solo akan dioperasikan fungsional pada Mudik Lebaran 2024 mendatang. Sejumlah persiapan pun dilakukan, seperti yang dilakukan Satlantas Polres Boyolali. Pembukaan tol Solo-Jogja secara fungsional rencananya akan dilakukan dari Boyolali sampai Klaten pada arus mudik dan balik.

Polres Boyolali akan mendirikan pos pemantauan di pintu tol fungsional di wilayah Banyudono, Boyolali. KBO Satlantas Polres Boyolali, Iptu Joko Siswanto, mengatakan sudah melakukan beberapa persiapan untuk kelancaran arus arus mudik Lebaran 2024.

Advertisement

Satlantas Polres Boyolali sudah melaksanakan beberapa kegiatan dalam upaya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Salah satunya menggelar pertemuan lintas sektoral serta rapat kesiapan dengan pengelola tol terkait operasional fungsional tol Jogja-Solo saat Lebaran.

“Kami sudah rapat kesiapan dengan pengelola tol fungsional Solo-Jogja yang besok akan dipergunakan dalam masa mudik Lebaran 2024,” kata dia, Selasa (19/3/2024).

Terkait kesiapan operasional tol fungsional Tol Jogja-Solo tersebut, Satlantas Polres Boyolali akan mendirikan pos pantau. Selama masa angkutan Lebaran, Polres Boyolali menyiapkan sejumlah pos pantau, salah satunya di area pintu tol Solo-Jogja di Banyudono.

“Kami persiapkan pos pantau yang ada di pintu keluar atau exit tol Banyudono. Petugas akan disiagakan. Di rest area Banyudono juga akan digunakan sebagai lokasi kantong parkir jika nantinya ditemukan kendaraan sumbu tiga atau lebih yang masih melintas,” jelas dia.

Ramp Check Bus

Di sisi lain, Satlantas Polres Boyolali juga telah melakukan persiapan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang bus arus mudik dan balik Lebaran. Persiapan itu yakni melakukan ramp check di beberapa perusahaan otobus di Boyolali bersama Dinas Perhubungan (Dishub).

Untuk menunjang keamanan lalu lintas juga telah dilakukan pemangkasan ranting pohon yang berpotensi mengganggu kelancaran dan menutupi rambu-rambu lalu lintas.

Dalam kegiatan tersebut Satlantas Polres Boyolali berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dishub Boyolali. Pemasangan cermin cembung juga dilakukan di sejumlah lokasi, seperti di jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB).

Fungsional

Sementara itu, berdasarkan berita yang diunggah di laman binamarga.pu.go.id, sebagian ruas jalan Tol Jogja-Solo akan kembali difungsionalkan untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

Jalur fungsional yang dapat dilalui para pemudik merupakan bagian dari pekerjaan tahap I jalan tol tersebut, yakni segmen Kartasura-Klaten. Pimpinan Proyek PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Muhammad Ahdal Masruhin, menyampaikan terdapat penambahan panjang ruas Tol Jogja-Solo yang dibuka fungsional dibandingkan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) lalu.

“Untuk fungsionalisasi pada arus mudik Lebaran kami rencanakan minimal dari Solo sudah bisa exit di Kecamatan Ngawen, Klaten. Panjang jalur fungsional sekitar 22 km atau bertambah 9 km dari panjang jalan tol fungsional pada Nataru kemarin. Karena diprediksi arus lalu lintas yang akan melewati Solo dan Jogja lebih banyak dibanding pada saat Nataru kemarin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau ke Jogja Naik Bus Damri dari Bandara YIA? Ini Jadwal dan Tarifnya

Jogja
| Minggu, 21 April 2024, 05:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement