Advertisement

33 Petugas Pemilu 2024 di Jateng Meninggal Dunia, Ratusan Lainnya Sakit

Andhik Kurniawan
Selasa, 20 Februari 2024 - 13:57 WIB
Sunartono
33 Petugas Pemilu 2024 di Jateng Meninggal Dunia, Ratusan Lainnya Sakit Foto ilustrasi. Petugas KPPS menunjukan surat suara pemilihan calon presiden dan wakil presiden yang sudah tercoblos saat penghitungan suara pilpres pada Pemilu 2024 di TPS 03 Braga, Sumurbandung di Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). - Antara - M Agung Rajasa

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Sebanyak 33 orang petugas yang mengurusi Pemilu 2024 di Jawa Tengah (Jateng) meninggal dunia usai bertugas. Mereka terdiri dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Kepala Divisi (Kadiv) SDM dan Litbang KPU Jateng, Mey Nurlela, mengatakan paling banyak yang meninggal dunia adalah petugas KPPS. Selain itu, ada ratusan petugas lainnya yang mengalami sakit saat mengawal proses pemilu 2024.

Advertisement

BACA JUGA : Seorang Petugas KPPS Pemilu 2024 di Bantul Meninggal Dunia, Diduga Kelelahan

“Hingga 19 Februari 13 orang KPPS meninggal dunia. Kemudian Panitia Pemungutan Suara [PPS] 10 orang dan linmas 10 orang [total 33 orang meninggal]. Kemudian KPPS yang sakit ada 412 orang, PPS 58 orang, PPK 5 orang dan linmas yang sakit 63 orang,” ungkap Mey kepada wartawan, Selasa (20/2/2024).

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, menyampaikan rasa duka cita atas gugurnya anggota Polri dan TNI saat mengawal proses demokrasi atau pemilu 2024. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk menyampaikan pendapatnya terkait pemilu secara aman dan tertib serta tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya.

“Kita doakan semoga teman-teman kita diterima di sisi Allah. Dan dalam proses pemilihan, siap menang juga harus siap untuk kalah. Apa pun hasil pemilu harus kita terima bersama, kita punya koridor hukum untuk itu,” katanya.

Kapolda juga menilai proses pemungutan suara di Provinsi Jawa Tengah berlangsung dengan aman. Ini artinya Polda Jateng berhasil memberikan jaminan masyarakat dalam memberikan hak pilih mereka.

“Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada rekan-rekan sekalian atas keberhasilan tugas ini sehingga tahapan inti Pemilu bisa kita lalui. Keberhasilan ini bukan keberhasilan perorangan tetapi keberhasilan seluruh anggota Polda dan termasuk stake holder lainnya,” tutupnya.

BACA JUGA : Cegah Petugas KPPS Meninggal, Dekan FK UI Rekomendasikan Deteksi Dini Kesehatan saat Rekrutmen

Diberitakan sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mencatat ada 12 orang petugas penyelenggara pemilu meninggal dunia di wilayahnya, di mana tujuh orang di antaranya anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Minggu 28 April 2024: Cerah Berawan!

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement