Advertisement

3 Pelaku Penembakan Tewaskan Anggota Ormas di Colomadu Ditangkap, Ini Kronologi Kasusnya

Indah Septiyaning Wardani
Senin, 29 Januari 2024 - 09:57 WIB
Sunartono
3 Pelaku Penembakan Tewaskan Anggota Ormas di Colomadu Ditangkap, Ini Kronologi Kasusnya Ilustrasi. - freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KARANGANYAR–Polisi menangkap pelaku penembakan yang menewaskan satu orang di Colomadu Karanganyar. Polda Jateng masih melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut. Penembakan yang terjadi pada Jumat (26/1/2024) malam di Colomadu tersebut berujung satu nyawa warga Bendan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Yudha Bagus Setiawan, 32, melayang. Korban diketahui merupakan anggota ormas yang akan melakukan sweeping judi.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan pelaku penembakan di Colomadu ditangkap jajaran Polda Jateng dan Polres Karanganyar pada Minggu (28/1/2024). Ada tiga pelaku ditangkap dalam kasus penembakan tersebut. “Satu pelaku utama, dan dua pelaku yang membantu. Tapi masih dalam pengembangan,” kata dia, Senin (29/1/2204).

Advertisement

Pelaku saat ini dibawa di tahanan Mapolda Jawa Tengah. Terkait identitas pelaku, dia mengatakan segera merilisnya. Termasuk terkait kabar bahwa pelaku utama merupakan pecatan tentara, dia meminta masyarakat untuk menunggu rilis resminya. “Sementara itu dulu. Nanti tunggu rilis saja. Ini masih pengembangan,” katanya.

BACA JUGA : Anggota Ormas Tewas Saat Sweeping Judi, Diduga Ditembak Orang Tidak Dikenal

Ditreskrimum Polda Jateng dan Polres Karanganyar bersama-sama menangani kasus tersebut. Pihaknya akan menggelar gelar perkara untuk melihat kerangka jelas terjadinya kasus penembakan tersebut. “Bagaimana kronologi kasusnya akan kita lihat di gelar perkara. Kalau sudah jelas nanti akan kita sampaikan,” kata dia saat dihubungi Minggu (28/1/2024) sore.

Dia mengatakan kepolisian melakukan sejumlah langkah untuk mempercepat pengungkapan kasus penembakan yang menewaskan Yudha Bagus Setiawan, warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono tersebut.

Polda Jateng mem-back up penuh penanganan oleh tim khusus yang dipimpin langsung Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jateng Kombes Pol. Johanson Ronald Simamora, bersama tim Satreskrim Polres Karanganyar.

Pihaknya tengah melakukan uji laboratorium forensik terhadap proyektil peluru diduga kuat menjadi penyebab tewasnya korban. “Saat ini masih diperiksa labfor. Untuk hasilnya belum bisa disampaikan karena masih dalam ranah penyelidikan,” tandasnya.

Kabid Humas juga meminta masyarakat memercayakan pengungkapan kasus ini pada Polri dan berharap tim gabungan segera mengungkap kasus ini. “Bila ada warga masyarakat yang mempunyai informasi atau hal lain yang terkait dengan kasus ini, mohon segera laporkan ke Polres Karanganyar maupun Polda Jateng,” tuturnya.

Kronologi Kasus

Diberitakan sebelumnya warga Pengging, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Yudha Bagus Setiawan, 36, ditembak oleh orang tak dikenal di wilayah Todan, Desa Tohudan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar pada Jumat (26/1/2024) malam.

Akibat luka tembakan tersebut korban langsung meninggal dunia di lokasi kejadian. Informasi yang dihimpun Solopos.com, korban diduga merupakan anggota laskar Umar Bin Khattab dari wilayah Klaten. Malam kejadian itu, korban diduga hendak melakukan aksi sweeping tembak sabung ayam atau perjudian di wilayah Tohudan.

Namun nahas saat di lokasi korban mendapatkan perlawanan dari kelompok orang tak dikenal. Kelompok tersebut sampai mengeluarkan senjata api hingga korban tersungkur dan meninggal dunia.

Humas Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS) Endro Sudarsono saat dimintai konfirmasi informasi tersebut membenarkannya. Dia menerima informasi dugaan anggota laskar dari laskar Umar Bin Khattab ini meninggal dunia karena luka tembak orang tak dikenal dari grup whatsapp (WA).

BACA JUGA : Kasus Penembakan di Karanganyar Ditangani Polda Jateng

“Ya saya dengar informasi itu di grup wa. Informasinya memang seperti itu meninggal dunia saat akan melakukan sweeping judi di Colomadu,” kata dia ketika dihubungi JIBI/Solopos, Sabtu (27/1/2024) pagi.

Sebelum kejadian, Laskar Umar Bin Khattab telah menyerahkan surat pemberitahuan yang ditujukan kepada Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumotoy. Surat tersebut memberitahukan bahwa akan ada gelaran sabung ayam di wilayah Todan, Tohudan pada Jumat siang hingga selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca: DIY Diguyur Hujan Hari Ini Minggu 21 April 2024

Jogja
| Minggu, 21 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement