Advertisement

Libur Akhir Tahun, Tol Jogja-Solo Fungsional Dibuka 14 Hari

Taufiq Sidik Prakoso
Rabu, 06 Desember 2023 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Libur Akhir Tahun, Tol Jogja-Solo Fungsional Dibuka 14 Hari Foto aerial proyek tol Jogja-Solo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Pemerintah berencana membuka Tol Jogja-Solo (Joglo) secara fungsional saat arus mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru.

Belum ada informasi pasti mulai tanggal berapa tol fungsional itu akan dibuka. Manajer Humas PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Rachmat Jesiman Putra, mengatakan koordinasi dengan stakeholders terkait terus dilakukan guna mematangkan rencana pengoperasian Tol Joglo secara fungsional.

Advertisement

Soal rencana pengoperasian, dia membocorkan ruas tol dari Kartasura sampai Kuncen, Ceper, Klaten, dibuka selama 14 hari saat libur akhir tahun. Informasi terakhir dari rapat dengan kepolisian, lanjut Rachmat, Tol Joglo dibuka secara fungsional mulai 22 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024.

Pengoperasian tol secara fungsional itu sama seperti pengoperasian saat libur Lebaran lalu. Ruas Tol Joglo yang direncanakan dibuka saat libur akhir tahun mendatang lebih panjang dibandingkan saat libur Lebaran. Saat Lebaran, tol tersebut hanya dibuka sepanjang enam km. Saat libur Nataru, tol fungsional Solo-Jogja dibuka sepanjang 13 km.

Jam buka diperkirakan masih sama yakni dari pagi hingga sore yakni pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB seperti saat pengoperasian pada Lebaran. “Sementara sesuai arahan dari pusat untuk jalurnya nanti one way seperti fungsional saat Lebaran,” kata Rachmat, Rabu (6/12)

Tol Joglo dibuka selama libur Natal dan Tahun Baru dari STA 0 hingga STA 13 atau dari Kartasura hingga gerbang tol Karanganom di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Klaten. Hingga kini, persiapan masih terus dilakukan. “Jalur pembukaan dari gerbang Tol Colomadu naik menyusuri jembatan kemudian titik keluarnya di gerbang tol Karanganom,” kata Rachmat.

Persiapan jalur Tol Joglo yang akan dibuka secara fungsional pada libur akhir tahun mendatang sudah sekitar 70%. Persiapan yang sedang dikerjakan yakni pengecoran kembali, pembersihan jalur, dan pemasangan rambu-rambu sesuai arahan kepolisian untuk lokasi-lokasinya.

BACA JUGA: Rekam Mahasiswi sedang Mandi, Warga Tegal Dibekuk Polisi

Sementara itu, selama tol fungsional dibuka, akan ada perubahan pengaturan arus lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Colomadu. Hal tersebut dibahas dalam rapat koordinasi persiapan Nataru di Kantor Adhi Karya barat Gerbang Tol Colomadu, Selasa (5/12/2023).

Rapat dihadiri beberapa instansi terkait seperti satlantas kabupaten terkait, PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten/kota terkait, dan lain-lain.

Manajer Pengendalian Paket 1.1 PT JMJ, Muhammad Zendy DS, mengatakan kendaraan yang boleh masuk ke tol fungsional Solo-Jogja adalah golongan I roda empat. Kendaraan yang masuk golongan I misalnya mobil, pikap, atau truk kecil.

“Nantinya ketika kami fungsional dari pukul 06.00 WIB-17.00 WIB, kendaraan golongan I bisa langsung terus naik hingga Karanganom. Golongan II [truk besar] kami keluarkan di [Exit Toll] Colomadu, masuk arteri,” kata dia seusai rapat di Kantor Adhi Karya.

Zendy menyampaikan nantinya selama 11 jam tol fungsional tol Solo-Jogja beroperasi saat libur akhir tahun, baik kendaraan golongan I maupun II masuk entrance fungsional Banyudono. Namun, ketika tol fungsional ditutup atau di atas pukul 17.00 WIB-05.59 WIB, kendaraan bisa keluar dan masuk normal lewat GT Colomadu.

Selanjutnya, untuk kemajuan pembangunan STA 0 hingga STA 13 [Kartasura-Karanganom] main road telah berstruktur rigid. Namun, untuk akses sebagian masih rigid dan jalan pengarahnya masih lean concrete [LC] dan bersifat temporer.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kawasan Kumuh Terban, Prenggan dan Pringgokusuman Ditata Tahun Ini

Jogja
| Sabtu, 11 Mei 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement