Advertisement

Sekaten Kraton Solo Menaikkan Omzet Pedagang Pasar Klewer

Newswire
Minggu, 01 Oktober 2023 - 17:47 WIB
Maya Herawati
Sekaten Kraton Solo Menaikkan Omzet Pedagang Pasar Klewer Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah / Solopos

Advertisement

Harianjogja, SOLO—Sejumlah pedagang di Pasar Klewer Solo, Jawa Tengah, ikut menikmati dampak positif pelaksanaan Sekaten oleh Kraton Surakarta Hadiningrat atau Kraton Solo sejak 8 September 2023.

Salah satu pedagang baju, Syaiful di Solo, Jawa Tengah, Jumat (1/10/2023), mengaku mengalami kenaikan omzet sejak dilaksanakannya Sekaten. Meski tidak menyampaikan angka penjualan per hari, dikatakannya, kenaikan omzet cukup signifikan.

Advertisement

"Ya lumayan, sekitar 80 persen dibandingkan hari normal di luar Sekaten," katanya. Bahkan, puncak kenaikan terjadi pada acara Grebeg Maulud pada Kamis (28/9). Ia mengatakan pada hari tersebut kenaikan penjualan mencapai 100%.

Meski penjualan meningkat, ia mengaku tidak menaikkan harga jual dagangannya baik baju maupun mukena. Ia mengatakan untuk harga produk dagangannya seperti gamis dijual di kisaran harga Rp100.000-Rp210.000/potong, sedangkan mukena dijual mulai dari harga Rp105.000-Rp250.000/buah.

"Kemarin pas hari libur pembelinya banyak dari luar kota. Bahkan banyak yang datang dari Jawa Timur," katanya.

Pedagang lain Yuni Wulandari mengaku banyak pengunjung yang datang ke Pasar Klewer selama pelaksanaan Sekaten, terutama di hari Sabtu dan Minggu.

BACA JUGA: Pematian Aliran Air Selokan Mataram Dijadwalkan Hari Ini, Bupati Sleman Minta Ditunda

Meski demikian, menurut dia, tidak setiap hari penjualan baik. Ia mengatakan sebagian pembeli yang datang hanya menawar harga namun tidak jadi membeli. Namun tidak sedikit membeli baju batik yang dijualnya.

Salah satu pengunjung asal Bojonegoro, Jawa Timur Dila Ariani mengaku setiap datang ke Solo selalu berkunjung ke Pasar Klewer.

"Saya kan setiap ada Sekaten selalu datang ke Solo. Apalagi sekarang lewat tol kan cepat, dari Bojonegoro masuk lewat Nganjuk terus lewat tol sudah sampai Solo," katanya.

Dengan adanya tol, ia yang biasa ke Solo hanya pada saat Sekaten, saat ini bisa lebih sering ke Solo. "Saya suka belanja ke Pasar Klewer. Barangnya bagus-bagus dan murah-murah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Habiskan 1300 Liter Pestisida, Penanganan Wereng Kulonprogo Ditambah Rp400 Juta

Kulonprogo
| Kamis, 09 Mei 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Penginapan Jepang Punya Promo Murah Menginap Per Malam Hanya Rp10 Ribu, Ini Syaratnya

Wisata
| Rabu, 08 Mei 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement