Advertisement

Terbakar 24 Jam, 10 Hektare Hutan Lereng Gunung Lawu Hangus

Indah Septiyaning Wardani
Sabtu, 30 September 2023 - 08:57 WIB
Arief Junianto
Terbakar 24 Jam, 10 Hektare Hutan Lereng Gunung Lawu Hangus Pemadaman kebakaran hutan lindung di kawasan lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Kamis (28/9/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KARANGANYAR—Kebakaran hutan lindung di lereng Gunung Lawu tepatnya di Bukit Ngembel, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, telah padam pada Jumat (29/9/2023) sekira pukul 16.15 WIB atau hampir 24 jam sejak diketahui terbakar.

Namun, akibat kebakaran tersebut, hutan seluas 10 hektare (ha) hangus.

Advertisement

Kebakaran tersebut melanda kawasan hutan lindung di RPH Tlogodlingo Petak 40-1 dan 40-2.

Asper BKPH Lawu Utara KPH Surakarta, Sartono mengatakan medan yang curam dan terjal menjadi kendala tim gabungan memadamkan api. Tim gabungan melibatkan seratusan orang dari berbagai organisasi ini untuk melakukan pemadaman secara manual menggunakan peralatan seadanya.

Dia mengatakan belum bisa memastikan penyebab terjadinya kebakaran. Perhutani akan berkoodinasi dengan Polsek Tawangmangu guna mengetahui penyebab terjadinya kebakaran.

Kebakaran hutan dan lahan di kawasan lereng Gunung Lawu ini merupakan kejadian kali ketiga selama dua bulan terakhir.

BACA JUGA: Lereng Gunung Merbabu Kebakaran, Pemadaman Dilakukan dengan Alat Seadanya

Kapolsek Tawangmangu, AKP Sutarno, kebakaran ini terjadi sejak Kamis (28/9/2023) petang tepatnya di petak 40 RPH Tlogo Dringo. Titik api terlihat oleh warga setempat kemudian dilaporkan ke aparat pemerintah desa ditindaklanjuti ke Perhutani dan Polsek Tawangmangu.

“Perhutani bersama-sama dengan anggota Polsek, Koramil dan sukarelawan serta masyarakat Tawangmangu ke lokasi. Pada saat sampai di lokasi api masih menjalar membakar semak belukar,” katanya, Jumat (29/9/2023) malam.

Berbagai upaya dilakukan untuk memadamkan api. Perhutani, Koramil Tawangmangu, Sat Samapta Polres Karanganyar, BPBD, tim SAR serta sukarelawan/masyarakat Tawangmangu melakukan pemadaman api dengan membuat ilalar dan penyekat agar api tidak meluas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Masuk Awal Kemarau, BPBD DIY Pastikan DIY Tidak Perpanjang Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi

Jogja
| Rabu, 08 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement